Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Kunci Sukses Bisnis Online, Salah Satunya Komunikasi yang Baik

Kompas.com - 19/01/2023, 08:15 WIB

KOMPAS.com - Seiring makin berkembangnya dunia digital, peluang bisnis online juga semakin terus terbuka lebar. Apalagi, kini semakin banyak orang yang memilih belanja online, karena dinilai lebih praktis, dari segi waktu maupun pengeluaran.

Meski demikian, membangun bisnis online bukan hal yang mudah. Di tengah banyaknya peluang, persaingan bisnis online juga terbilang ketat, terutama bagi pelaku usaha pemula.

Baca juga: Ingin Merintis Bisnis Online Produk Kecantikan? Ini Tipsnya

Tapi tak perlu khawatir, dilansir dari Cermati.com, ada delapan kunci sukses menjalankan bisnis online yang dapat diterapkan. Berikut penjelasannya.

1. Pahami dan Atasi Masalah Pelanggan

Kenali dan pahami masalah yang dihadapi oleh pelanggan, termasuk calon pelanggan. Hal ini akan mempermudah untuk mendapatkan solusi yang tepat bagi mereka, yakni dengan menyediakan atau menciptakan produk yang tepat dan sesuai kebutuhan pelanggan.

2. Jaga Kualitas Produk dan Layanan

Sangat penting untuk selalu menjaga kualitas produk dan juga layanan yang diberikan kepada pelanggan. Apalagi, Anda menjualnya secara online.

Jangan biarkan pelanggan Anda kecewa, karena produk yang diterima tak sesuai dengan yang mereka lihat di layar.

Ingat, pelanggan hanya akan setia dan melakukan pembelian kembali, jika mereka merasa puas atas apa yang mereka bayarkan.

3. Ikuti Tren Bisnis

Salah satu kunci sukses menjalankan bisnis online adalah tidak menutup diri dengan tren baru. Jangan enggan meluangkan waktu untuk mempelajari tren bisnis terbaru, hal ini penting agar bisnis online yang dijalani juga bisa ikut berkembang.

Dengan mengikuti tren bisnis baru juga memungkinkan pelaku usaha menyediakan produk yang tepat dan menjualnya dengan cara yang tepat, sehingga meningkatkan angka penjualan.

4. Maksimalkan Pemasaran dan Promosi

Pemasaran dan promosi adalah dua hal yang tak bisa lepas dari bisnis online. Berbeda dengan bisnis offline, di mana pelanggan dapat melihat langsung produk yang menarik perhatiannya, bisnis online mengandalkan foto produk yang menarik dan review produk yang meyakinkan.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.