Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Langkah Memulai Bisnis Kafe Board Games, Pemula Wajib Tahu

Kompas.com - 04/03/2023, 09:18 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

KOMPAS.com - Menjalankan bisnis kafe tematik masih bisa jadi opsi yang cukup menarik untuk menghasilkan cuan. Salah satunya ada kafe bertema board game yang belakangan cukup banyak bermunculan.

Sama seperti namanya, kafe ini memang menonjolkan permainan papan sebagai daya tarik utama untuk menggaet pengunjung. Ditambah lagi, hampir semua kalangan suka bermain game, salah satunya adalah permainan papan alias game board. Karena memang bisa dimainkan oleh hampir semua kalangan usia.

Bisa dibilang, kafe jenis ini dikhususkan untuk para penggemar permainan board game. Meski tak menutup kemungkinan untuk pengunjung yang lain, namun fokus utamanya tetap pada pencinta board game.

Pangsa pasar dari kafe board game bukan hanya fokus dengan para penggemar game saja. Akan tetapi lebih luas lagi, seperti pangsa keluarga, komunitas dan sebagainya, sehingga kemungkinan jangkauannya menjadi lebih luas, tidak terpaku pada satu fokus saja.

Tertarik menjalankan bisnis kafe bertema board game, tapi bingung mau mulai dari mana? Simak tips mudah berikut selengkapnya seperti dilansir dari Cermati.com:

1. Memiliki Minat pada Permainan Papan (Board Game)

Kunci pertama dan paling penting sebelum berencana membuka bisnis adalah minat dan ketertarikan terhadap apa yang akan dikembangkan. Dalam hal ini adalah board game sebagai ikon yang akan menarik calon pelanggan.

Sebab tanpa minat, seseorang cenderung kurang begitu peduli dan asal-asalan dalam mengerjakan sesuatu, begitu pun sebaliknya. Karenanya, penting untuk memiliki minat yang memang sesuai.

2. Melakukan Riset

Setelah minat sudah benar-benar dimiliki, selanjutnya yang perlu dilakukan adalah melakukan sejumlah riset. Mulai dari melakukan riset terkait target market, bagaimana minat dan respon audiens hingga perkembangan kompetitor.

Ini menjadi salah satu hal penting untuk diperhatikan ketika membuka bisnis kafe board game. Sebab, dari riset yang dilakukan akan memberikan gambaran apakah bisnis tersebut menarik dan potensial untuk dikembangkan atau tidak.

3. Persiapan Modal

Bukan hanya sekedar bisa menguasai bidang dan punya minat saja, bisnis kafe board game tentunya juga memerlukan modal. Nantinya, modal akan digunakan untuk membiayai beberapa hal untuk memulai bisnisnya.

Seperti alokasi dana untuk sewa tempat, desain kafe, beli perlengkapan interior, peralatan F&B, dan tentunya membeli sejumlah board game sebagai pelengkap.

Umumnya, modal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis kafe board game ini modal awal yang dibutuhkan kurang lebih Rp 600 jutaan.

4. Pemilihan Lokasi

Selanjutnya, faktor penting yang harus dipikirkan untuk memulai bisnis adalah lokasinya. Ada sejumlah indikator yang perlu dilihat dari sebuah tempat bisa digunakan untuk lokasi bisnis.

Hal pertama dilihat dari seberapa besar tingkat keramaian lokasi. Misalnya, di dalam sebuah kompleks perumahan akan berbeda tingkat keramaiannya dengan lokasi di pinggir jalan dekat kampus atau sekolah.

Pastikan, lokasi yang dipilih sesuai dengan target market yang memang dibidik agar semakin dilirik calon pelanggan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com