Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hobi Bermusik? Coba Jalankan 4 Ide Bisnis Berikut agar Cuan

Kompas.com - 03/04/2023, 11:51 WIB
Zalafina Safara Nasytha,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Bermusik menjadi salah satu hal yang digemari oleh banyak orang, mulai dari anak kecil hingga orang dewasa.

Bagi kamu yang memiliki kesenangan dalam bermusik, kesempatan ini tak hanya bisa Kamu gunakan untuk mengisi waktu luang atau melepas penat, tetapi bisa juga dimanfaatkan sebagai tambahan cuan.

Dibandingkan hanya menjadi hobi, ada baiknya Kamu mencoba ide bisnis dalam bermusik sebagai berikut seperti yang telah dirangkum Kompas.com melalui beberapa sumber.

Baca juga: Ingin SUkses Berbisnis Studio Musik? Simak 10 Tips Ini

1. Sewa studio dan alat musik

Ide bisnis yang satu ini dinilai tidak akan pernah mati dikarenakan akan selalu ada orang yang memerlukan tempat untuk berlatih musik. Biasanya yang banyak mencari tempat persewaan seperti ini adalah anak band yang akan melakukan perform di suatu event.

Kamu dapat menyiapkan ruangan berukuran 4x5 meter yang dilengkapi dengan peredam suara dan peralatan musik, seperti gitar, bass, drum, mikrofon, keyboard, amplifier, dan sebagainya.

2. Toko alat musik

Dengan modal yang lebih besar daripada sebelumnya, kamu dapat membangun sebuah toko yang menjual alat-alat musik dan perlengkapan lainnya, seperti kabel, senar, stik drum, dan lainnya.

Baca juga: 7 Tips Memulai Usaha Toko Alat Musik

Sebagai orang yang hobi bermusik, terlebih lagi jika kamu menekuninya lebih dalam, biasanya akan ada banyak kenalan dalam bidang serupa yang dimiliki. Hal ini dapat Kamu manfaatkan untuk mempromosikan toko alat musikmu dengan lebih mudah.

3. Kursus privat

Jika kamu memiliki keterampilan yang mumpuni, kamu dapat membuka kursus privat bagi orang-orang yang mau belajar musik, entah itu vokal atau alat musik (disesuaikan dengan kemampuanmu).

Memiliki sertifikasi khusus dalam bermusik dapat menjadi nilai plus tersendiri ketika kamu ingin membuka kursus ini, karena orang akan lebih percaya ketika mereka mengetahui bahwa skill yang kamu miliki memang terbukti.

Baca juga: 3 Kunci Sukses yang Harus Dimiliki Seorang Pengusaha

Dengan membuka kursus sendiri, kamu dapat mengatur jadwal yang diinginkan sesuai dengan kebutuhanmu.

4. Songwriter

Tak hanya bermain alat musik, kemampuan menuliskan lirik lagu juga dapat menjadi sumber cuan lainnya dalam bermusik. Kamu dapat menuliskan lirik lagumu kemudian menawarkannya kepada musisi atau label rekaman yang ada.

Tawarkan juga kepada teman musisimu yang mungkin akan tertarik untuk menyanyikan lagu yang Kamu buat.

Baca juga: 4 Kebiasaan Pebisnis yang Sukses, Termasuk Membangun Networking

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com