Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Efektif Menarik Pelanggan ke Website Kita, Apa Saja?

Kompas.com - 10/04/2023, 15:14 WIB
Rheina Arfiana,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Ketika melakukan bisnis online di era digital seperti saat ini, mempunyai website bisnis yang menarik dan efektif menjadi keharusan.

Hal tersebut dilakukan supaya bisa menarik pelanggan agar membeli produk kita. Terutama bisnis online mempunyai beraneka ragam platform yang bisa dipakai, misalnya seperti media sosial dan situs website.

Apabila melalui media sosial mungkin sudah ada target pengunjung dari konten yang diposting. Akan tetapi, bagaimana cara menarik para pelanggan ke website yang kita kelola dan melakukan transaksi?

Berikut ini adalah 5 cara efektif untuk menarik pelanggan mengunjungi website kita yang bisa dilakukan, seperti yang dilansir melalui ukmindonesia.id.

Baca juga: Tips dan Cara Membuat Website Bisnis agar Banyak Dilirik Calon Pembeli

1. Optimalkan SEO

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah mengoptimalkan Search Engine Optimization (SEO) pada website. SEO sendiri merupakan proses yang dijalankan guna menampilkan website kita pada hasil pencarian pertama di Google.

Melalui SEO, website Kamu akan terasa lebih mudah diketahui dan ditemukan oleh pelanggan. Namun, usahakan tetap mempunyai identitas atas websitemu.

Cara untuk meningkatkan penggunaan SEO antara lain membuat tulisan yang berkualitas pada konten dan memakai kata kunci yang tepat.

2. Buatlah konten menarik

Selanjutnya untuk menarik minat pelanggan, dibutuhkan konten yang menarik. Buatlah konten yang memberikan manfaat dan memiliki kualitas baik, misalnya seperti artikel yang memuat tips-tips.

Jangan lupa untuk memastikan konten Kamu di website sesuai dengan produk atau jasa yang diusulkan dan berikan nilai tambah untuk menarik pelanggan agar selalu berkunjung ke websitemu.

3. Menciptakan reputasi website yang baik

Baca juga: Tips Membuat Website Bisnis agar Dilirik Konsumen

Cara ketiga dengan menciptakan reputasi website yang baik, reputasi yang baik mampu meningkatkan kepercayaan dan loyalitas pelanggan pada bisnis. Walaupun bisnis dijalankan secara online, Kamu harus tetap memberikan pelayanan terbaik dan menanggapi pertanyaan atau keluhan dari pelanggan dengan ramah.

Selain itu, berikan ulasan positif dari pelanggan yang puas dengan produk atau jasa di website tersebut supaya pelanggan lainnya semakin yakin untuk membeli produk maupun menggunakan jasa.

4. Menyelenggarakan kontes

Selanjutnya menyelenggarakan kontes untuk menarik perhatian pelanggan dengan cepat. Umumnya, orang akan lebih tertarik untuk melibatkan diri dalam kontes karena menginginkan hadiah yang diberikan ketika menang.

Maka dari itu, Kamu bisa menyelenggarakan kontes yang menuntun pelanggan untuk mengunjungi website. Lalu sebarkan juga informasi kontes tersebut di platform lainnya. Hadiah yang diberikan bisa dipaskan dengan keperluan, misalnya seperti produkmu yang akan dirilis.

Baca juga: 5 Cara Membangun Loyalitas Pelanggan terhadap Usaha Anda

5. Menggunakan Pay-per-click (PPC) Advertising

Cara terakhir yang bisa dilakukan dengan menggunakan PPC advertising. PPC merupakah salah satu iklan online yang bisa dijadikan pilihan untuk mendatangkan pelanggan ke website dengan cara mempromosikan websitemu melalui iklan online.

PPC memiliki kelebihan, yaitu hanya membayar saat pelanggan mengakses iklan yang mengarah pada website milikmu.

Memakai kata kunci yang tepat dan iklan yang menarik mampu menjangkau pelanggan yang sesuai dengan produk atau jasa yang ditawarkan. Selain itu, wujud iklan bisa disamakan dengan kebutuhan seperti teks, gambar, ataupun video.

Ketika membuat iklan usahakan dengan segmentasi pasar yang ingin Kamu jadikan sasaran, misalnya seperti dari segi hobi, wilayah, dan lainnya.

Dengan melakukan beberapa cara yang sudah dijelaskan, diharapkan bisa membantumu untuk menarik pelanggan ke website.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com