Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Strategi Psikologi Marketing Tanpa Jualan Harga

Kompas.com - 08/05/2023, 11:15 WIB
Rheina Arfiana,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dalam marketing, harga menjadi salah satu alasan paling menentukan bagi pelanggan membeli suatu produk.

Berangkat dari hal itu, tidak jarang pelaku bisnis memberikan harga yang tidak tepat dan strategi psikologi marketing bisa menjadi pilihan.

Psikologi marketing sendiri memiliki arti kombinasi dari pengetahuan tentang perilaku pelanggan dengan psikologi yang digunakan dalam kegiatan marketing agar meraih penjualan secara maksimal.

Oleh karena itu, agar tidak salah langkah. Berikut ini strategi psikologi marketing yang bisa dilakukan.

Baca juga: Agar Usaha Marketing Berhasil, Berikut Cara Melakukan Marketing Audit

1. Authority bias

Strategi pertama yang bisa dilakukan dengan menggunakan authority bias. Authority bias merupakan keinginan orang untuk memandang pendapat dari figur otoritas lebih tepat, tanpa mencermati isi dari pendapat dan lebih mengikuti pendapat otoritas tersebut.

Ketika referensi untuk suatu produk berasal dari orang atau merek yang dikenal dan dihormati secara luas, hal itu bisa menambah bias penilaian terhadap produk atau jasa.

2. Anchoring effect

Selanjutnya anchoring effect atau efek di mana konsumen lebih percaya pada informasi pertama yang didapat ketika membuat keputusan.

Informasi pertama ini sebagai acuan saat membuat penilaian dan hasilnya memengaruhi keputusan pembelian.

Melalui strategi ini, perusahaan menggunakan ide penjualan dengan harga pertama lebih lebih tinggi dari yang diinginkan untuk produk sejenis.

Baca juga: 3 Cara Optimalkan Transformasi Digital dalam Business Marketing

3. Incentives

Kemudian ada incentives atau insentif di mana perusahaan memberikan imbalan ke pelanggan agar mereka mempromosikan produk.

Promosi meliputi pembelian awal, mengunjungi situs website, pembelian berulang, dan sebagainya.

Saat memilih insentif marketing, penting untuk meninjau tujuan spesifik bisnis. Hal ini untuk memudahkan Apakah Kamu ingin meningkatkan kesadaran merek, meningkatkan loyalitas pelanggan, atau hal lainnya.

4. Endowment effect

Strategi terakhir yang bisa dilakukan yaitu endowment effect. Endowment effect merupakan ide yang memperlihatkan seseorang cenderung menilai suatu barang lebih tinggi, jika barang tersebut sudah menjadi kepunyaannya.

Baca juga: Jangan Lakukan 4 Kesalahan Digital Marketing Ini!

Maknanya, apabila kamu membebaskan pelanggan menyentuh dan memegang produk, maka muncul kesan seperti barang itu sudah menjadi kepunyaannya. Hal itu membuat pelanggan merasa kehilangan dan rugi ketika mengembalikan barang tersebut.

Dengan demikian beberapa strategi psikologi marketing yang bisa diterapkan, semoga bermanfaat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com