Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Sukses Mengembangkan Bisnis Kecil

Kompas.com - 02/06/2023, 20:10 WIB
Rheina Arfiana,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

Sumber jurnal

KOMPAS.com - Ketika merintis bisnis, tentu para pelaku usaha ingin bisnisnya terus berkembang menjadi besar. Terutama untuk bisnis yang baru memulai dan masih terbilang kecil.

Bukan hanya untuk memperoleh keuntungan yang lebih banyak, tapi juga membuat bisnis lebih dikenal masyarakat serta memperluas cakupan bisnis yang dijalankan.

Jangan khawatir, ini bukan sesuatu yang tidak mungkin, karena setiap bisnis punya kesempatan untuk berkembang besar. Berikut ini beberapa cara sukses mengembangkan bisnis kecil yang bisa kamu lakukan.

1. Memilih jenis bisnis yang sesuai

Pneting untuk memilih jenis bisnis yang sesuai dengan keinginan dan kemampuan pelaku usaha. Memilih bisnis di bidang yang disukai atau dikuasai, bisa memberikan motivasi pelaku bisnis kecil untuk terus berkembang.

Selain itu, jika mempunyai hobi yang bisa berpotensi menghasilkan uang, jangan ragu untuk mengembangkannya sebagai bisnis. Misalnya bidang kuliner atau travelling, dari hobi tersebut bisa dikembangkan menjadi bisnis yang prospektif.

Baca juga: Kunci Sukses Memulai Bisnis Kecil-Kecilan

2. Melakukan riset pasar

Riset pasar harus sering dilakukan ketika bisnis mulai berkembang. Hal itu bisa dijadikan dasar, supaya bisnis yang dijalankan memiliki inovasi.

Selain itu, pelaku bisnis lebih memahami apa yang tengah terjadi, menjumpai peluang bisnis baru, apa yang sedang dibutuhkan masyarakat, sampai informasi mengenai kompetitor.

3. Menyusun anggaran modal secara tepat

Selanjutnya hal yang tak kalah penting untuk mengembangkan usaha adalah penyusunan anggaran modal dilakukan dengan tepat dan teliti.

Mengenai modal tidak harus selalu besar, asalkan dikelola dengan baik, modal terbatas juga bisa menunjang kinerja bisnis.

Intinya, keuangan harus dikelola secara disiplin, supaya anggaran yang digunakan tepat sasaran dan terhindar dari pemborosan.

Baca juga: 5 Tips Sukses Membangun Usaha Kecil untuk Pemula

4. Memaksimalkan peralatan yang tersedia

Memulai bisnis kecil memang membutuhkan ide kreatif, ide tersebut bisa dengan menggunakan peralatan yang tersedia.

Menggunakan peralatan yang tersedia untuk melakukan bisnis bisa menghemat banyak anggaran. Apabila tidak dibutuhkan secara mendesak, sebaiknya menghindari untuk membeli peralatan yang belum dibutuhkan. 

Misalnya kamu memulai bisnis es lilin buah, supaya beku dan siap dijual maka harus menggunakan mesin pendingin. Namun, kamu tidak perlu membeli mesin tersebut apabila memiliki kulkas di rumah. 

5. Totalitas dalam menjalankan bisnis

Cara terakhir untuk mengembangkan bisnis kecil yang tak kalah pentingnya adalah tekad kuat dan totalitas saat menjalankan bisnis. Hal ini menjadi salah satu faktor penting untuk menentukan berlangsungnya bisnis.

Kerahkan tenaga dan pikiran untuk menjalankan bisnis, terutama pada bisnis yang baru akan berkembang.

Selain tenaga dan pikiran, untuk mengembangkan bisnis membutuhkan waktu. Oleh karena itu, penting juga disiplin mengelola waktu.

Baca juga: 6 Cara Bikin Usaha Kecil Kamu Naik Kelas

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Sumber jurnal
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com