Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Cara Mencegah Burnout Saat Menjalankan Usaha Seorang Diri

Kompas.com - 03/06/2023, 14:50 WIB
Zalafina Safara Nasytha,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

Sumber Oberlo

KOMPAS.com – Pelaku usaha mana pun pasti pernah mengalami rasa lelah, stres atau burnout di saat sedang menjalankan usahanya, terlebih ketika semua hal dilakukannya seorang diri.

Hal ini dapat dirasakan ketika kamu terus-terusan bekerja dan memaksakan kemampuan diri tanpa henti, padahal sebenarnya kamu juga membutuhkan waktu untuk mengistirahatkan badan dan pikiran.

Jika dipaksakan secara terus-terusan, bukan tidak mungkin kamu dapat mengalami burnout, yang mana hal ini nantinya dapat memengaruhi produktivitas usaha yang kamu jalankan. Kamu juga dapat merasakan hal negatif lainnya, seperti jatuh sakit atau perubahan emosional yang mendalam.

Untuk mencegah hal tersebut terjadi pada dirimu, sebaiknya terapkan 7 cara ini agar kamu terhindar dari burnout dan tetap dapat menjalankan usaha sesuai dengan rencana yang ditetapkan.

Baca juga: Ini Cara Membangun Mental dan Pola Pikir untuk Jadi Pengusaha Sukses

1. Buat jadwal rutin

Membuat jadwal kegiatan secara sederhana akan membantumu melakukan pekerjaan dengan lebih tersusun dan rapi, sehingga kamu pun dapat mengatur waktu bekerja yang kamu miliki dengan maksimal.

Kamu dapat membagi pekerjaan dalam bagian-bagian dan langkah tertentu untuk mengerjakannya secara sedikit demi sedikit dan bertahap. Namun, perlu diingat juga bahwa kamu harus mempertimbangkan tenggat waktunya.

Jangan lupa untuk membuat jadwal satu minggu penuh dengan tetap membuat waktu untuk beristirahat, agar kamu juga memiliki kesempatan untuk bersantai.

Baca juga: 6 Tips Meningkatkan Produktivitas sebagai Pelaku Bisnis

2. Luangkan waktu istirahat dari pekerjaan

Di saat kamu sudah menentukan waktu untuk istirahat, gunakan waktu ini dengan sebaik-baiknya.

Hindari semua hal yang berhubungan dengan pekerjaan, agar kamu benar-benar mendapatkan waktu istrahat yang berkualitas.

Hindari ponsel dan laptop yang dapat menghubungkanmu ke pekerjaan. Nikmati waktu santai yang kamu miliki dengan tidak mengurus apapun terlebih dulu jika itu berkaitan dengan pekerjaan.

3. Berolahraga

Perhatikan juga kesehatan badan dirimu sendiri. Cobalah untuk berolahraga sejenak setiap minggunya untuk terus menjaga kesehatan badanmu di tengah padatnya pekerjaan yang harus diselesaikan.

Berjalan kaki atau jogging di sekitar lingkungan rumah dapat menjadi olahraga sederhana yang dapat kamu lakukan. Kamu juga dapat melakukannya sambil mendengarkan musik kesukaan sehingga kamu pun lebih enjoy dalam berolahraga.

Baca juga: 8 Cara Tingkatkan Kualitas Bisnis, Salah Satunya Jangan Lupa Bahagia

4. Lakukan hobi

Melakukan sesuatu yang digemari dapat membantumu untuk kembali merasa bersemangat dan bahagia. Lakukan hobi yang kamu miliki sebagai salah satu cara untuk menyegarkan kembali pikiran.

Jika kamu merasa melakukan hobi sudah tidak lagi menyenangkan, cobalah untuk mencari hal baru yang mungkin dapat kamu jadikan sebagai hobi baru lainnya.

5. Coba rutinitas baru

Jika kamu terus-menerus melakukan hal yang sama di tempat yang sama, bukan tidak mungkin kamu akan merasa bosan.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Sumber Oberlo
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com