Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Alasan Pentingnya E-Commerce untuk UMKM

Kompas.com - 25/02/2024, 07:00 WIB
Ester Claudia Pricilia,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Memasuki era digital, kita bisa menggunakan fasilitas internet yang tersambung pada gadget untuk mendukung aktivitas yang dilakukan.

Teknologi digital tak hanya digunakan hanya untuk memperoleh informasi atau sebagai media komunikasi jarak jauh, melainkan bermanfaat untuk ekonomi digital. Teknologi tersebut dapat menjadi sumber profit utama dalam perekonomian di era digital.

Ekonomi digital dipercaya mampu mendorong pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Melalui pemanfaatan teknologi banyak usaha mikro menengah kecil (UMKM) di Indonesia dapat memasuki pasar global.

Ekonomi digital juga diharapkan dapat meningkatkan persaingan produk dan jasa dari level mikro hingga makro.

E-commerce merupakan aktivitas penjualan, pembelian, pemasaran produk (barang dan jasa), dengan memanfaatkan jaringan internet. Meskipun konsumen dan penjual tidak bertemu langsung, transaksi dapat tetap berjalan lancar. 

Baca juga: Tips Memaksimalkan E-commerce untuk Promosi Produk UMKM

Dengan kata lain, e-commerce menawarkan kemudahan dalam berbelanja secara online. Dilansir dari laman BPPK Kemenkeu, inilah pentingnya e-commerce bagi UMKM:

1. Fleksibel waktu dan tempat

Dewasa ini berbelanja secara online lebih diminati dibandingkan dengan pergi ke lokasi langsung. Pergi langsung ke lokasi cukup melelahkan dan menghabiskan banyak waktu serta biaya.

Dengan berbelanja online, pembeli dapat dengan cepat dan mudah mengakses informasi mengenai produk yang ingin dicari dan dapat melakukan transaksi pembelian di mana saja dan kapan saja.

Cukup menggunakan perangkat gadget mereka, konsumen dapat memilih barang, melakukan transfer pembayaran, dan menantikan kedatangan produk yang dibeli.

2. Memperluas akses pasar

Dengan menggunakan e-commerce, UMKM dapat memperluas akses pasarnya, membuka lapangan pekerjaan serta memberikan dampak positif bagi berbagai sektor pendukung bisnis e-commerce lain.

E-commerce juga bisa menjadi akses UMKM untuk melakukan ekspor. Teknologi digital menjadi peluang bagi UMKM untuk menembus pasar internasional.

3. Penghematan biaya operasional

E-commerce juga penting dalam penghematan pengeluaran biaya UMKM. Dibandingkan dengan toko fisik, biaya operasional untuk menjalankan bisnis melalui e-commerce jauh lebih murah. 

UMKM dapat mengurangi biaya sewa tempat, gaji karyawan, hingga biaya operasional lainnya. Sehingga biaya tersebut dapat dimaksimalkan untuk kebutuhan produksi dan kebutuhan penting lainnya.

4. Kemudahan dalam Bertransaksi

Di zaman serba praktis, orang cenderung akan lebih menyukai hal-hal yang mudah. Begitu pula dalam hal pembelian barang.

E-commerce akan mempermudah pelanggan melakukan transaksi tanpa batasan waktu dan lokasi. Hal ini meningkatkan kenyamanan pelanggan dan berpotensi meningkatkan tingkat penjualan bagi UMKM.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com