Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pupuk Indonesia Dorong UMKM Go Internasional Lewat Pesona Kriya 2024

Kompas.com - 27/02/2024, 21:39 WIB
Ester Claudia Pricilia,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comPesona Kriya 2024, ajang yang diciptakan dan dihadirkan oleh PT Pupuk Indonesia (Persero), berhasil digelar di Jakarta pada tanggal 26-28 Februari 2024.

Ajang ini merupakan bentuk komitmen Pupuk Indonesia, dalam memberdayakan pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di bidang wastra (warisan nusantara) dan kerajinan tangan.

Baca juga: 7 Tips Peningkatan Daya Saing Bagi UMKM dari PT. Pupuk Indonesia

Acara ini merupakan wadah pertemuan antara puluhan UMKM yang dibina oleh Pupuk Indonesia.

Menariknya, UMKM binaan Pupuk Indonesia tersebut telah memiliki ratusan produk untuk ditawarkan kepada sejumlah pihak pemangku kepentingan, baik lokal maupun internasional dari berbagai negara.

Rahmad Pribadi, selaku Direktur Utama Pupuk Indonesia, menyampaikan komitmen perusahaan dalam memajukan UMKM, melalui program pembinaan yang berada di bawah unit Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL).

Hal tersebut sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan pilar Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi yang dijalankan oleh Pupuk Indonesia, sebagai produsen pupuk terbesar di Asia-Pasifik, Timur Tengah, dan Utara Afrika.

“Melalui Pesona Kriya, Pupuk Indonesia dapat memperkenalkan produk UMKM binaan dan dapat membantu pelaku UMKM untuk menebar jaring relasi," ujar Rahmad dalam keterangan pers yang diterima Kompas.com, Senin (26/2/2024).

Baca juga: Pupuk Kaltim Gandeng FEB UGM Gelar Kompetisi Bisnis untuk Mahasiswa

Lebih lanjut ia mengatakan, ajang ini sekaligus menjadi wadah untuk mengapresiasi bakat dan kreativitas para pelaku UMKM binaan Pupuk Indonesia Grup.

"Hingga saat ini, Pupuk Indonesia telah melaksanakan pembinaan dan bantuan permodalan bagi 2.221 UMKM di seluruh Indonesia. Di mana sebanyak 257 UMKM diantaranya bergerak di sektor industri, termasuk industri kreatif,” jelasnya.

Pembinaan Pupuk Indonesia Grup yang dimaksud adalah dengan memberikan pinjaman modal dan meningkatkan kemampuan para pelaku UMKM.

Dengan hal itu, diharapkan UMKM dapat menghasilkan produk yang dapat bersaing di tingkat nasional maupun internasional, terutama di bidang wastra yang dijalankan oleh perempuan.

Rahmad menyatakan, bahwa kemitraan antara Pupuk Indonesia dengan UMKM bertujuan untuk menciptakan ekosistem berkelanjutan, meningkatkan perekonomian, serta kemandirian para pelaku UMKM, khususnya bagi pelaku perempuan sebagai kaum rentan.

Baca juga: Bisnis Pupuk Organik Berpeluang Hasilkan Jutaan Rupiah, Begini Cara Produksinya

 

Pesona Kriya 2024 adalah program baru yang diselenggarakan oleh Pupuk Indonesia. Acara yang berlangsung selama tiga hari ini, akan menyajikan beberapa kegiatan, seperti pameran bazar UMKM dan peragaan busana yang melibatkan seluruh produk UMKM.

Bazar UMKM akan dihadiri oleh 41 peserta, yang terdiri dari 35 UMKM binaan Pupuk Indonesia Grup, 5 established brand, dan 1 Biofarma sebagai undangan.

Sementara untuk peragaan busana, diramaikan oleh produk-produk UMKM binaan perusahaan yang dikolaborasikan dengan desainer terkenal dan established brand.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com