Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perkuat Literasi Digital Bagi Perempuan, XL Axiata-OCBC Indonesia Luncurkan Finansister

Kompas.com - 06/03/2024, 17:20 WIB
Anagatha Kilan Sashikirana,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – PT XL Axiata Tbk  bersama PT Bank OCBC NISP Tbk (OCBC) meluncurkan fitur baru di aplikasi Sisternet dengan nama Finansister. Hal ini dilakukan dalam rangka menyambut International Womens Day 2024.

Komisaris Independen XL Axiata Yasmin S. Wirjawan mengatakan perempuan terutama di Indonesia memiliki beragam peran dalam keluarganya.

Pertama sebagai istri yang mengemban tugas di ruang domestik, dan kedua perempuan memiliki tugas tambahan untuk membantu memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga.

Selanjutnya, perempuan juga menjadi pengajar bagi anak-anaknya, serta menjadi perencana keuangan keluarga maupun bisnis yang sedang dijalankannya.

"Fitur baru Finansister ini menghadirkan sebuah solusi digital untuk mendukung womenpreneur dalam mengatur keuangan, sekaligus edukasi literasi keuangan yang diperlukan," kata Yasmin di XL Axiata Tower, Jakarta, Selasa (5/3/2024).

Hingga saat ini, website dan aplikasi Sisternet sudah diakses lebih dari 500.000 perempuan dengan target pengguna untuk tahun ini sebanyak 1.000.000 anggota.

Melalui fitur baru Finansister ini, XL Axiata dan OCBC optimis mampu mengajak Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia bisa naik kelas dengan memajukan ekosistem digital untuk para womenpreneur.

Baca juga: OCBC NISP Bantu UMKM Perempuan dengan Kombinasi Solusi

Literasi Keuangan untuk Womenpreneur

Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan 2022 mencatat literasi keuangan perempuan di Indonesia lebih tinggi dibandingkan laki-laki dengan selisih 50,33 persen dan 49,05 persen.

“Meski inklusi keuangan masih didominasi kelompok laki-laki sebesar 86,28 persen, kenaikan angka literasi keuangan perempuan menjadi sebuah pertanda bahwa pemahaman perempuan Indonesia tentang layanan keuangan semakin baik,” jelas Chief Corporate Affairs XL Axiata Marwan O. Baasir.

Mengacu pada data tersebut, Marwan menuturkan, Finansister berupaya memberikan edukasi literasi digital lebih jauh kepada womenpreneur, sehingga Sisternet dapat turut serta membangun ekosistem keuangan digital untuk UMKM Perempuan di seluruh Indonesia.

Baca juga: 3 Pemenang Jagoan Lokal #Cantikpreneurship, Siap Jadi Womenpreneur Sukses

Fitur Finansiter menyediakan E-Learning modul finansial literasi, termasuk pengisisan pretest dan post-test, mendapatkan rekomendasi proyeksi keungan, dan dapat mengakses fasilitas pinjaman kredit tanpa agunan untuk modal usaha hingga Rp 200 juta dari OCBC Indonesia.

SME Proporsition Division Head OCBC Indonesia Sari Kartika mengatakan kolaborasi antara XL Axiata dan OCBC Indonesia ini memiliki tujuan agar UMKM khususnya yang dijalankan perempuan di Indonesia semakin memberikan kontribusi yang lebih besar untuk perekonomian Indonesia.

"Jadi bukan hanya soal literasi, tapi juga solusi perbankan. Khusus Finansister kali ini kita berikan akses untuk permodalan ke UMKM Perempuan di Indonesia" jelas  saat diwawancarai oleh Kompas.com.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com