Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemkot Padang Targetkan 12.000 UMKM Pasarkan Produk Secara Digital

Kompas.com - 13/03/2024, 19:45 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Editor

PADANG, KOMPAS.com - Dinas Koperasi dan UMKM Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar), menargetkan sebanyak 12.000 pelaku usaha di Kota Padang bisa memperluas pasar pada 2024 dengan menggunakan platform digital.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Padang Fauzan Ibnovi mengatakan saat ini ada sekitar 45.000 pelaku UMKM yang tercatat di Kota Padang.

Dari jumlah UMKM tersebut, kata dia, sebanyak 4.000 pelaku UMKM diantaranya telah mulai menggunakan platform digital sebagai salah satu media pemasaran.

"Kami melihat penggunaan platform digital bisa menjangkau pasar yang lebih luas baik secara jangkauan maupun latar belakang orang yang mengakses informasi. Ini akan memperluas pasar," kata Fauzan Ibnovi seperti dilansir dari Antara, Rabu (13/3/2024).

Untuk mendorong pelaku UMKM mulai menggunakan platform digital sebagai salah satu media pemasaran, pihaknya sudah melakukan beberapa kali pelatihan sejak 2023.

"Pada 2023 kami memberikan pelatihan pemanfaatan media digital untuk pemasaran pada sekitar 1.500 pelaku UMKM," kata Fauzan.

Baca juga: Pahami, Ini Tantangan Berbisnis di Era Digital

Pada 2024, kata dia, Pemkot Padang bekerja sama dengan salah satu penyedia layanan aplikasi digital untuk memberikan pelatihan bagi sekitar 600 pelaku UMKM.

Pelatihan diberikan secara bertahap sejak awal tahun hingga April 2024. Masing-masing tahap diikuti oleh 120 pelaku UMKM yang memenuhi syarat.

Adapun syarat yang harus dipenuhi, kata Fauzan, antara lain memiliki legalitas produk dan memiliki perangkat digital yang mendukung.

"Kami berharap dengan semakin luasnya pasar akan semakin cepat UMKM kita berkembang, sehingga perekonomian daerah juga meningkat," ucap Fauzan Ibnovi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com