Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Aneka Makanan Paling Laris yang Bisa Dijual pada Bulan Ramadhan

Kompas.com - 16/03/2024, 10:00 WIB
Ester Claudia Pricilia,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah. Tak hanya menjadi bulan untuk menunaikan ibadah puasa bagi umat Islam, melainkan berbisnis di bulan Ramadhan punya potensi yang sangat baik, terutama di industri makanan ataupun minuman.

Di seluruh dunia, umat muslim berpuasa sepanjang hari dan berbuka puasa pada waktu Maghrib. Ini menciptakan permintaan yang tinggi akan makanan serta minuman yang lezat dan bergizi untuk menyambut waktu berbuka.

Baca juga: Ide Berbisnis di Bulan Ramadhan: Bisnis Makanan Instan

Banyak orang yang akan melakukan ngabuburit dengan hunting jajanan atau makanan untuk berbuka puasa. Melihat kenyataan tersebut, kamu dapat membuka bisnis makanan atau minuman, yang kerap disebut takjil.

Berikut ada beberapa rekomendasi makanan yang paling laris ketika bulan Ramadhan. Kamu bisa mencoba menjual makanan dan minuman ini di bulan Ramadhan:

1. Aneka Gorengan

Gorengan merupakan makanan yang wajib ada saat berbuka puasa. Mulai dari tempe goreng, bakwan, risol, tahu, pastel, pisang goreng, dan lain sebagainya.

Jika ingin memulai bisnis di bulan Ramadhan, kamu bisa dengan memulai menjual gorengan. kamu tak perlu mengeluarkan biaya besar untuk bisnis aneka gorengan. Di samping itu, kamu bisa meraup keuntungan yang cukup besar.

2. Kue Pasar

Kue pasar beraneka ragam dan dapat dinikmati oleh siapa saja. Rasanya yang manis akan membuat kue pasar cocok untuk dinikmati saat berbuka puasa di bulan Ramadhan ini.

Kue pasar dapat berupa kue cucur, dadar gulung, kue bolu, kue lapis, dan masih banyak yang lainnya. Kamu dapat melanjutkan bisnis kue pasar setelah bulan Ramadhan selesai, karena kue pasar merupakan kue yang dapat dijual kapan saja.

3. Kolak

Kolak adalah camilan yang selalu muncul pada saat bulan Ramadhan. Kolak merupakan makanan penutup (dessert) khas Indonesia yang sangat populer selama bulan Ramadhan.

Kolak mempunyai cita rasa yang manis. Hal itu membuat kolak dicari-cari untuk menu berbuka puasa. Banyak orang mengatakan bahwa berbuka dengan yang manis-manis.

Maka, kolak akan sangat cocok dan laris di pasaran. Kamu bisa membuat kolak dari pisang, ubi, atau dengan biji salak.

Baca juga: Trik Pemasaran Bisnis Kuliner saat Ramadhan, Bikin Konsumen jadi Melirik

4. Sop Buah

Lebih dari 12 jam atau setengah hari, umat muslim tak makan dan tak minum. Saat haus, kita mempunyai keinginan yang besar untuk minum sesuatu yang menyegarkan.

Sop buah merupakan minuman yang manis dan dingin, berbeda dengan kolak yang hanya manis. Minuman yang manis dan dingin seperti sop buah akan menjadi opsi pertama bagi banyak orang untuk berbuka puasa dengan itu.

Sop buah merupakan minuman yang sehat, karena mengandung buah-buahan di dalamnya. Buah-buahan itu mengandung vitamin dan mineral, jadi akan sangat bagus untuk kebutuhan tubuh.

5. Aneka Minuman Es

Selain sop buah, aneka es lainnya seperti es teh, es cokelat, es teler, es tebu dan masih banyak lagi juga laris saat bulan Ramadhan. Sama-sama mempunyai cita rasa yang manis dan menyegarkan akan membuat orang ingin membelinya untuk minuman berbuka puasa.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com