Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Owner Stellar Coronae Kembali Membangun Semangat Berbisnis

Kompas.com - 03/04/2024, 12:17 WIB
Alfiana Rosyidah,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perjalanan bisnis memang tidak selalu mulus sesuai dengan yang diharapkan. Pebisnis juga melalui berbagai tantangan atau hambatan, misalnya muncul banyak kompetitor atau produk yang tidak segera terjual. 

Kendala tersebut membuat pebisnis kerap kehilangan motivasi. Tidak ada lagi gairah untuk melanjutkan bisnis yang sudah diawali dengan penuh semangat.

Namun, agar bisnis tidak redup tentu seorang pebisnis harus bangkit kembali dan melanjutkan usaha mereka. Hal ini dilakukan oleh pemilik Stellar Coronae, Korona Sulin atau Koro (32) dan kedua temannya, Stella dan Jennifer. 

Baca juga: 7 Tips Menjaga Semangat dan Motivasi Saat Membangun Bisnis

Mereka sempat kehilangan motivasi saat menjumpai banyak kompetitor dan harus menggali ide untuk produk Stellar Coronae selanjutnya. 

Pada akhirnya, mereka mampu untuk bangkit kembali dari kondisi tersebut dan melanjutkan Stellar Coronae dengan berbagai inovasi. Cara mereka untuk kembali semangat berbisnis dapat kamu simak melalui artikel berikut ini. 

Percaya dengan Tim

Saat kehilangan motivasi, Koro mengatakan bahwa perlu untuk percaya dengan tim. Pebisnis harus percaya akan kemampuan tim mereka dalam melanjutkan bisnis dan mengembangkan produk. 

Baca juga: Jangan Patah Semangat! Ini Cara Bangkit dari Kondisi Bisnis yang Merugi

"Kita harus berpikir bahwa dalam tim itu bisa berpikir sama-sama. Bisa saja aku stuck atau buntu dengan ide produk, tetapi temanku enggak. Kemungkinan dia juga punya ide," ucap Koro saat diwawancara oleh Kompas.com pada Jumat (29/3/2024). 

Koro mengatakan bahwa ia percaya bahwa timnya dapat terus maju. Apalagi, Koro memiliki dua teman lain sebagai sesama pemilik Stellar Coronae. Ia dan timnya yakin bahwa jalan bisnis mereka tidak bisa berhenti begitu saja. 

Harus Challenge Diri Sendiri

Untuk membangkitkan semangat berbisnis, Koro mengatakan bahwa pebisnis harus memberikan tantangan pada diri sendiri. Nantinya, semangat melanjutkan usaha dapat terpacu melalui cara tersebut. 

Baca juga: Kisah Stellar Coronae, Usaha Kerajinan Bunga Kering yang Berawal dari Hobi

"Misalnya kalau aku itu begini caranya 'masa cuma segitu doang kemampuanmu?', 'masa kayak gitu aja udah nyerah?'," lanjut lulusan arsitektur tersebut.

Ingat Ada Karyawan yang Harus Dibiayai

Ketika berada dalam kondisi buntu dan tidak mengerti apa yang harus dilakukan, Koro biasanya teringat akan karyawan-karyawannya. Ia peduli bahwa ada karyawan yang harus dibiayai. 

Hal ini juga merupakan bentuk peduli seorang pebisnis pada karyawannya. Tidak bisa dilepas begitu saja saat kehilangan motivasi. 

"Aku enggak bisa egois begitu saja waktu kehilangan motivasi. Langsung main tutup aja itu enggak bisa. Masih ada karyawan yang harus dibiayai," ucapnya. 

Baca juga: Stellar Coronae Ubah Limbah Bunga Pernikahan jadi Bernilai Jual

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com