Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Keuntungan Mengikuti Pameran bagi UMKM, Pelaku Usaha Harus Tahu

Kompas.com - 20/04/2024, 18:43 WIB
Ester Claudia Pricilia,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Bagi UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah), pameran bisa menjadi strategi pemasaran yang efektif.

Hal itu karena biasanya mereka belum mempunyai toko langsung atau toko fisik, untuk berjualan dan langsung bertemu dengan pembeli.

Baca juga: 7 Manfaat Mengikuti Pameran bagi Pelaku UMKM

Owner Mejikuhibiniu Butik, Sondang Maria Pasaribu (52) mengakui, bahwa strategi pemasaran efektif bagi usahanya adalah dengan mengikuti pameran atau bazar.

 

Menurutnya, ada beberapa keuntungan bagi UMKM mengikuti pameran dan bazar di berbagai daerah.

1. Bertemu Buyer yang Lebih Luas

Acara pameran dikunjungi oleh calon-calon buyer dari berbagai daerah, kalangan, dan latar belakang. Bahkan tak jarang, banyak buyer berasal dari luar negeri.

Saat mengikuti pameran, Sondang mengaku sering kedapatan buyer dari luar negeri. Selain meningkatkan peluang penjualan, hal itu juga menjadi kesempatan untuk memperkenalkan kain dan wastra Indonesia pada orang-orang luar negeri.

"Dengan memperkenalkan produk kepada buyer yang lebih luas, juga akan meningkatkan brand awareness Mejikuhibiniu Butik," ujar Sondang.

2. Bertemu Stakeholder

Dikatakan Sondang, salah satu manfaat utama berpartisipasi dalam pameran adalah peluang untuk membangun jaringan dan kemitraan.

UMKM dapat bertemu dengan pemangku kepentingan industri, distributor, pemasok, dan bahkan pihak potensial lain dalam acara pameran.

Interaksi langsung ini, memberikan peluang untuk berbagi pengetahuan, pengalaman, dan peluang kolaborasi yang dapat mendukung pertumbuhan bisnis baru dan pertumbuhan jangka panjang.

Baca juga: 6 Tips Sukses Promosi UMKM di Event Pameran

"Saat pameran, kamu sering bertemu dengan orang-orang kementrian dan merekalah yang merekomendasikan Mejikuhibiniu Butik untuk dijadikan UMKM binaan Kementrian," katanya.

Hingga saat ini, UMKM milik Sondang masih tercatat sebagai binaan Kementrian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM).

Berkat dari situ, Mejikuhibiniu Butik sering dipromosikan dan direkomendasikan oleh orang-orang kementrian dan selalu diajak mengikuti pameran tingkat daerah bahkan nasional.

3. Bisa Menjelaskan Produk secara Langsung

Manfaat lain mengikuti pameran menurut Sondang adalah, ia dapat memperkenalkan secara langsung kain-kain tradisional yang dipakainya.

Ia sangat ingin kalangan anak muda mengenal wastra Indonesia dan kembali menggunakan kain-kain tradisional.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com