Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Memulai dan Tantangan Jasa ‘Eye Make Up’ Konser

Kompas.com - 21/05/2024, 14:24 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

KOMPAS.com - Meningkatnya event konser setelah masa pandemi usai membuat banyak peluang bisnis baru mulai menggeliat.

Salah satunya adalah jasa ‘eye make up’ konser yang keberadaannya mulai menjamur. Jasa ini banyak ditemui terutama di gelaran konser yang mengundang artis internasional, seperti artis K-Pop misalnya.

Meskipun keberadaannya hanya di setiap momen konser saja, tapi ini bisa jadi peluang bisnis yang cukup menjanjikan. Mengingat sebagian besar pengunjung konser adalah para wanita dari berbagai kalangan usia sehingga potensi bisnis ini tentunya akan semakin menarik.

Dilansir dari Cermati.com, di balik peluang bisnis jasa eye make up konser yang tampak menjanjikan, ada banyak hal yang perlu diperhatikan. Mulai dari persiapan hingga bagaimana menghadapi tantangan yang akan muncul di masa mendatang, simak selengkapnya berikut ini:

Persiapan Memulai Bisnis Jasa ‘Eye Make Up’ Konser

Memulai bisnis bukanlah perkara sulit tapi juga bukan hal yang mudah, karena butuh persiapan yang benar-benar matang. Berikut ini ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan untuk memulai bisnis jasa ‘eye make up’ konser, antara lain:

1. Modal Usaha

Modal menjadi hal yang krusial dalam memulai sebuah bisnis, sehingga perlu dipertimbangkan dengan matang. Untuk bisnis layanan jasa eye make up konser tentunya modal yang dibutuhkan tak hanya berupa dana segar tapi juga modal peralatan make up.

Modal yang disiapkan pun bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Misalnya untuk membeli peralatan dan perlengkapan make up, aksesoris hingga biaya transportasi untuk pergi ke konser.

Jika memungkinkan peralatan make up yang disiapkan juga harus yang punya kualitas bagus. Selain agar lebih awet, ini supaya hasil make up yang dihasilkan tampak lebih maksimal. BB

2. Siapkan Katalog Ide

Selain modal alat make up yang memadai, jangan lupa siapkan katalog ide make up sebagai referensi untuk calon pelanggan. Anda bisa menemukan banyak ide eye makeup di situs web khusus ide maupun media sosial.

Selanjutnya, kumpulkan ide yang sudah didapatkan dalam sebuah katalog yang rapi dan terorganisir. Hal ini, agar calon pelanggan bisa memilih eye make up yang disukai dengan lebih mudah.

3. Riset Artis atau Konser yang Akan Datang

Sebelum datang ke konser dan menawarkan layanan jasa eye make up, pastikan untuk melakukan riset yang diperlukan, mulai dari jadwal, lokasi, tema konser hingga artis yang jadi bintang utamanya. Hal ini penting agar bisa membuat jadwal yang sesuai dengan acara konser.

Baca juga: 6 Ide Bisnis Sampingan Menarik Sambil Nonton Konser

Selain itu, juga bisa lebih memudahkan untuk menyesuaikan tema make up dengan acara konser yang akan digelar. Sehingga, peluang mendapatkan calon pelanggan semakin besar.

Tantangan yang Perlu Dipahami

Dibalik peluang yang menjanjikan, ada banyak tantangan yang perlu dipahami dalam bisnis jasa eye make up konser. Dengan mengetahuinya, bisa membantu meningkatkan kemampuan menghadapi setiap tantangan yang muncul di masa mendatang.

Berikut beberapa tantangan yang perlu diperhatikan dalam bisnis jasa eye make up konser, antara lain:

1. Persaingan yang Ketat

Salah satu tantangan dalam bisnis jasa eye makeup konser yang perlu diperhatikan adalah persaingan bisnis yang terbilang ketat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com