Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Tips Sukses dan Penting Diingat Sebelum Memulai Bisnis

Kompas.com - 24/01/2022, 20:00 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Siapa yang tak ingin mencapai kesuksesan? Semua orang tentu ingin meraih kesuksesan.

Salah satu jalan yang bisa ditempuh untuk mencapai kesuksesan adalah memulai usaha. Kini, menjadi seorang pengusaha telah menjadi tren di semua lapisan masyarakat, terutama anak-anak muda generasi millenial.

Jadi, tak mengherankan jika banyak pengusaha yang sudah sukses di usia muda. Pencapaian tersebut tentu menggiurkan semua pihak.

Untuk tiba di titik kesuksesan perlu keterampilan dan langkah-langkah yang tepat untuk diikuti agar usahanya dapat berjalan dengan baik. Scott Gerber, seorang pengusaha, penulis dan investor muda asal Amerika memberikan tips bagaimana memulai usaha untuk para pemula.

Berikut tips buat kamu yang ingin memulai usaha di tahun 2022 dikutip dari Smesco.

1. Fokus pada satu peluang usaha

Digitalisasi yang semakin berkembang pesat, menjadikan peluang usaha bisa didapatkan dari berbagai hal. Banyaknya peluang usaha mungkin akan membuat kamu bingung saat memilih peluang usaha yang tepat untuk dikembangkan.

Ada baiknya kamu fokus kepada satu peluang usaha. Hal itu bisa memudahkan kamu untuk mengembangkan ide dan pemikiran untuk mengembangkan peluang usaha tersebut.

2. Lakukan apa yang dicintai

Dalam melakukan sesuatu hal, pastikan menjalankannya dengan sepenuh hati. Karena setiap pekerjaan jika dilakukan dengan sepenuh hati akan memberikan hasil yang maksimal.

Buat kamu yang bercita-cita menjadi pengusaha sukses, jangan memulai usaha hanya karena melihat keuntungan besar, kelihatannya bagus, atau karena dorongan seseorang.

Biasanya, hal yang baik untuk dilakukan saat memulai suatu usaha adalah berdasarkan hobi. Jika kamu hobi kulineran, mungkin ada baiknya memulai usaha dengan menjadi food blogger atau bahkan membuka usaha kuliner sendiri.

Hanya dengan cara ini hobi dapat terpenuhi dan impian untuk membuka usaha pun dapat terwujud.

3. Ketahui segalanya tentang usaha yang digeluti

Dalam memulai sebuah usaha, biasanya jarang ada investor yang mau untuk menaruh uangnya pada usaha tersebut.

Namun peluang ini bisa datang kapan saja, jadi kamu harus benar-benar perlu menguasai segala sesuatu tentang usaha yang digeluti, dan selalu siap untuk menjelaskannya sejelas mungkin.

Hal ini dimaksudkan untuk membuat investor yakin untuk menaruh uang mereka di tangan yang tepat, yaitu kamu yang paling tahu tentang usaha tersebut.

4. Selalu mau belajar dari orang lain

Setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tak ada orang yang mengetahui segala hal, jadi sangat penting untuk terbuka terhadap pendapat atau pemikiran orang lain.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com