Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dukung Produk UMKM, Sarinah Ikut Pameran Adiwastra Nusantara

Kompas.com - 11/02/2022, 20:17 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Sarinah berpartisipasi dalam pameran Adiwastra Nusantara tahun ini. Pameran tersebut digelar dalam rangka mendukung UMKM dan produk nusantara unggulan.

"Kegiatan ini sangat cocok dengan eksistensi dan visi Sarinah yaitu menumbuhkembangkan UMKM dan produk nusantara unggulan berbasis kreatifitas komunitas," ujar Direktur Utama Sarinah, Fetty Kwartati dikutip dari Antara.

Menurut Fetty, komunitas menjadi esensi dari transformasi Sarinah dari Department Store menjadi Community Mall. Sarinah adalah panggung karya Indonesia menuju pasar dunia.

"Momentum jenama lokal keren dan haute fashion ini adalah kebanggaan Indonesia dan berkualitas super premium untuk ekspor yang seluruh prosesnya diharapkan berkelanjutan, serta sarat akan makna pemberdayaan perempuan Indonesia. Ini salah satu misi Sarinah," kata Fetty.

Dalam acara ini Sarinah turut berpartisipasi sebagai exhibitor dan mitra penyelenggara. Adapun Jenama yang ditampilkan Sarinah adalah Edward Hutabarat, Oscar Lawalata, Nusa Kebaya, Indhe, Tandamata dan masih banyak lagi.

Sementara itu dalam acara lomba Adiwastra Nusantara 2022, yakni Lomba Selendang kali ini Sarinah menyediakan sebuah penghargaan, hasil pemenang lomba nantinya akan dipajang di Sarinah.

Selain itu, Divisi Ritel Sarinah dalam acara Adiwastara ini juga mendirikan booth dalam acara tersebut sekaligus showcasting beberapa tenant pilihan Sarinah.

Adiwastra Nusantara adalah pameran terbesar tentang kain tradisional Indonesia yang telah ada sejak 2008 dan diselenggarakan berkala tiap tahunnya.

Acara pameran ini diikuti lebih dari 300 perajin Wastra Adati yang merupakan tradisi dan budaya yang telah hidup selama beratus tahun mengusung kearifan lokal serta nilai-nilai keindahan yang diwariskan secara turun temurun oleh setiap suku bangsa dan masyarakat Nusantara) dari seluruh Indonesia.

Karena pandemi Covid-19, pemeran ini tak diselenggarakan pada 2020 dan 2021. Pada tahun ini, acara pameran Adiwastra Nusantara remis diselenggarakan pada tanggal 9 – 13 Februari 2022 dengan mengusung konsep pagelaran fisik dan daring.

Selain dapat mengunjungi pameran, masyarakat juga bisa mengunjungi toko daring Adiwastra Nusantara 2022, dan berinteraksi dengan penjual serta berbelanja secara daring produk-produk yang dipamerkan.

Bertempat di Hall A & B Jakarta Convention Center, Adiwastra 2022 ini berlangsung selama 9 – 13 Februari 2022. Tema yang diangkat dalam acara ini adalah “Citra Kebangkitan Nusantara” dengan tagline “UKM & Perajin Wastra Bangkit!”

Produk yang dipamerkan pada acara ini berupa produk fashion dan desain terapan meliputi fashion dan garmen (ready to wear), aksesoris/alas kaki, produk kriya wastra untuk interior.

Selain itu juga terdapat produk kain unggulan nusantara seperti batik, sasirangan, jumputan, shibori, tenun, songket, ikat, lurik, dan sulam.

Adapun peserta acara pameran ini adalah para perancang dan perajin kain unggulan yang terpilih dari seluruh Indonesia, produsen dan perajin wastra binaan Pemda dari seluruh Indonesia, para perajin dan UKM wastra binaan BUMN dan Pemda seluruh Indonesia, Perajin wastra dari negara-negara sahabat.

Program acara ini meliputi Anjungan ikon Wastra Nusantara Unggulan 2022, Lomba selendang nusantara, pameran produk kerajinan tekstil, fashion, dan asesoris, demo dan workshop, bincang santai dan peragaan busana.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com