Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Faktor Kegagalan dalam Membangun Usaha, Apa Saja?

Kompas.com - 15/02/2022, 07:00 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Semua orang tentu ingin berhasil dalam menjalankan usahanya. Untuk mencapai keberhasilan, kamu wajib mengetahui faktor-faktor keberhasilan usaha yang dibangun.

Tanpa mengikuti faktor-faktor keberhasilan, usaha yang kamu bangun bisa berpotensi bangkrut. 

Faktor-faktor keberhasilan adalah adaptasi, inovasi, dan tentunya sikap kamu sendiri perlu dipikirkan untuk meningkatkan daya jual usahamu. Banyak pengusaha yang gagal karena hanya bermodalkan uang saja. 

Selain faktor keberhasilan, sebuah peluang usaha ternyata juga bisa mengalami kegagalan karena beberapa faktor. Berikut faktor-faktor kegagalan dalam membangun bisnis seperti dikutip dari Lifepal.

  • Tidak jujur dalam mengelola usaha
  • Tidak kompeten sama sekali dalam bidang bisnisnya alias cuma modal nekat
  • Tidak memiliki kemampuan manajemen keuangan yang baik
  • Tidak sepenuhnya bersemangat dalam mengembangkan usaha
  • Kurangnya keahlian manajemen sumber daya manusia yang baik

Ada sejumlah penjelasan terkait faktor-faktor kegagalan dalam memulai usaha. Keberhasilan dalam membangun usaha tak semata-mata didukung oleh keberuntungan, mengandalkan relasi sepanjang waktu, dan modal yang banyak.

Kamu perlu mengejar apa yang menjadi passion dalam menjual barang atau jasa. Kamu juga perlu berkomitmen untuk mengembangkan jaringan dan tak mudah menyerah saat menemui masalah.

Dalam membangun usaha, perhatikan juga rekan-rekan kerjamu. Membimbing rekan kerja adalah cara efektif untuk menghindarkan faktor yang bukan mendukung keberhasilan usaha kita.

Jangan lupa selalu memulai usaha sendiri dari skala kecil dan terus mengembangkan usaha dengan terus meningkatkan kualitas barang dan layanan. Cobalah ikuti tren konsumen yang berubah-ubah setiap waktu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com