Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Punya Ide Bisnis dan Ingin Bangun Startup? Ikuti Program Tanoto Foundation Ini

Kompas.com - 20/04/2022, 14:00 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

JAKARTA, KOMPAS.comTanoto Foundation, organisasi filantropi independen yang didirikan oleh Bapak Sukanto Tanoto dan Tinah Bingei Tanoto, kembali menyelenggarakan program Tanoto Future Leaders Business Acumen Program (FLBAP).

Berkolaborasi dengan Angel Investment Network Indonesia (ANGIN), Tanoto FLBAP merupakan program dari Tanoto Foundation untuk mencetak wirausahawan Indonesia.

"Program Tanoto FLBAP dikemas melalui program business workshop bagi Tanoto scholars maupun mahasiswa di seluruh Indonesia. Dalam waktu 2 bulan, finalis akan mengikuti serangkaian program training online untuk mengasah kemampuan dan naluri bisnisnya," tulis manajemen Tanoto Foundation dalam keterangan resmi, Rabu (20/4/2022).

Baca juga: Produk Lokal Berbasis Teknologi Siap Suplai Kebutuhan Barang dan Jasa Pemerintah

Tidak hanya pemberian materi, program ini juga membuka koneksi bagi peserta untuk bisa mengembangkan jaringan atau networking dengan startup experts dan pemodal atau venture capitalist terkemuka.

Dalam prosesnya, peserta yang terpilih sebagai finalis akan mendapatkan pengalaman sesungguhnya mengenal dunia startup sejak dini.

Selain materi-materi yang praktikal, finalis juga akan mendapat kesempatan untuk pitching langsung di hadapan investor.

Peserta yang Bisa Mendaftar

Program Tanoto FLAPB ini dibuka sejak tanggal 8-25 April 2022 untuk mahasiswa Indonesia di seluruh dunia, penerima beasiswa Tanoto, dan alumni. Pendaftaran dibagi ke dalam 2 kategori, yakni Tim Leader dan Tim Member.

Untuk kategori Team Leader, bisa diikuti oleh individu / tim yang terdiri dari 2-4 orang; bercita-cita menjadi founder atau CEO; serta memiliki ide bisnis.

Sementara itu untuk kategori Tim Member bisa diikuti oleh individu; belum memiliki ide bisnis, tapi tertarik dengan startup/bisnis; bercita-cita untuk mengembangkan bisnis sebagai anggota tim (CMO/CFO/COO/CTO); serta bersedia untuk digabungkan dengan tim lain yang sudah memiliki ide bisnis

Cara Pendaftaran

Bagi peserta yang ingin mendaftar untuk kategori Team Leader bisa diakses di sini, dan untuk Team Member bisa diklik di sini.

Baca juga: Cara Membuat Deskripsi Produk agar Jualan Online Diserbu Pembeli

Peserta yang mendaftar pada kategori Team Leader akan diminta untuk mengisi formulir registrasi dan mengumpulkan deck ide bisnis serta video presentasi ide bisnis.

Sementara untuk peserta yang mendaftar pada kategori Team Member, akan diminta untuk mengisi formulir registrasi dan mengumpulkan video presentasi profil diri dan motivasi mendaftar sebagai CMO/CFO/COO/CTO.

Setelah pendaftaran ditutup, Program Tanoto FLBAP akan dilanjutkan ke tahap seleksi & formasi tim yang dijadwalkan pada tanggal 27 April - 10 Mei, dan pengumuman peserta yang terpilih pada tanggal 13 Mei 2022.

Adapun periode pelatihan dimulai pada tanggal 16 Mei-10 Juni 2022, dan acara puncak final pitching pada tanggal 11 Juni 2022.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com