Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Tips Membangun Branding yang Bisa Bikin Produk Jualan jadi Terkenal

Kompas.com - 22/06/2022, 07:00 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Kesuksesan dalam berbisnis tak selalu produk laris manis. Produk jualan terkenal di mata pembeli pun merupakan salah satu kesuksesan dalam berbisnis.

Biasanya, hal yang terlupakan dalam menjalankan bisnis adalah branding. Hal itu lumrah terjadi lantaran umumnya pelaku bisnis termasuk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) masih berkutat pada penjualan.

Padahal, branding sangatlah penting. Branding adalah suatu cara mengenalkan produk dengan tujuan memperbesar serta membangun merk dan juga manfaat produk tersebut.

Selain itu, branding merupakan upaya membangun identitas dari produk. Identitas yang dimaksud bisa berupa nama, logo, atau ciri khas lain yang bisa membedakan dengan produk kompetitor.

Dengan adanya ciri khas, konsumen nantinya bisa tertarik dengan brand yang ada. Apa saja yang perlu diperhatikan dalam membangun branding untuk usaha kita?

Berikut beberapa tips membangun branding seperti dirangkum dari Dana.

1. Ciptakan identitas yang orisinil

Saat ini, fvisual sangatlah penting. Buatlah identitas yang orisinil, otentik, dan beda dengan kompetitor. Branding yang unik dan beda akan lebih mudah diingat oleh para konsumen.

2. Buat dan tonjolkan ciri khas

Selanjutnya, gunakan kata-kata, tagline, hingga pilihan warna yang berkarakter dan punya ciri khas. Dengan begitu, identitas branding yang benar-benar kuat bisa tercipta.

Berbekal identitas yang kuat, aktivitas promo akan berjalan lebih lancar. Masyarakat nantinya mudah mengingat produk yang ditawarkan.

3. Perhatikan detail

Pelaku UMKM umumnya luput dengan detail-detail kecil seperti pilihan warna, logo, jenis font, cara berkomunikasi, bahkan sampai packaging. Packaging yang dikemas baik dan unik akan bisa menaikkan nilai dari produk yang dijual.

Dengan strategi yang tepat, hal-hal detail ini justru akan memperkuat posisi branding produk.

4. Maksimalkan Media Sosial

Media sosial merupakan platform yang bisa dimanfaatkan untuk kegiatan branding. Maksimalkan platform-platform seperti Instagram, Facebook, atau Tiktok dalam membangun brand produk.

Jangan lupa untuk menyesuaikan gaya komunikasi dengan audience yang disasar di masing-masing platform.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com