Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waktu Terbaik Mengajukan Pinjaman untuk Modal Usaha, Catat!

Kompas.com - 04/08/2022, 07:00 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Kapan waktu terbaik untuk mengajukan pinjaman untuk modal usaha? Ya, pertanyaan tersebut wajib dijawab sebelum meminjam uang untuk modal usaha.

Bagi calon pengusaha maupun pengusaha, modal umumnya jadi salah satu kendala untuk memulai maupun mengembangkan usaha. Ada sejumlah sumber pinjaman modal usaha seperti bank, pemerintah, fintech lending, koperasi atau lembaga keuangan lainnya selain bank.

Bentuk pinjaman yang bisa dipilih seperti Kredit Tanpa Agunan (KTA), Kredit Multiguna (KMG), Kredit Modal Kerja, Kredit Usaha Rakyat (KUR), sampai pinjaman online.

Pilihlah jenis dan produk pinjaman modal usaha yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial. Jangan lupa perhatikan tenor dan cicilan pembayaran setiap bulan.

Meminjam modal usaha perlu dipikirkan dan penuh perhitungan yang matang. Dengan begitu, pinjaman tersebut dapat memberikan manfaat maksimal bagi usaha atau bisnis kamu.

Nah, keputusan untuk meminjam modal usaha juga harus dilakukan di waktu yang tepat agar menjadi beban keuangan pribadi ataupun keuangan perusahaan.

Berikut waktu terbaik meminjam uang untuk modal usaha seperti dirangkum dari Cermati.com.

1. Saat ingin memulai usaha, tapi kekurangan uang

Kekurangan uang saat ingin memulai usaha sangat sering terjadi. Biasanya situasi tersebut muncul karena modal tak cukup atau tabungan yang kurang. 

Kekurangan modal usaha bisa ditambah daari pinjaman. Meminjam uang untuk hal yang produktif seperti membuka usaha, layak untuk dilakukan. 

Dari usaha tersebut, ada produk yang bisa dijual dan mendapatkan keuntungan. Dari keuntungan, angsuran cicilan pinjaman bisa dibayar.

2. Saat dalam kondisi gawat

Dalam menjalankan usaha, risiko adalah sesuatu yang pasti ada. Risiko bisa muncul saat baru memulai bisnis, di tengah jalan, ataupun saat bisnis sedang berkembang.

Contoh yang relevan misalnya penurunan omzet yang sangat drastis bahkan terancam gulung tikar karena pandemi Covid-19. Kondisi gawat tersebut tentu membutuhkan suntikan dana segar berupa pinjaman modal usaha agar dapat selamat.

Mengajukan pinjaman modal usaha bisa jadi solusi. Setelah dapat pinjaman modal, cobalah kelola sesuai dengan kebutuhan seperti modal kerja, membuat inovasi produk, dan lainnya.

3. Saat ingin mengembangkan usaha

Meminjam modal bisa dilakukan saat ingin mengembangkan usaha seperti membuka cabang baru, merambah ekspor, atau go international. Usaha yang berkembang akan memperluas jangkauan pasar dan mengenalkan merek produk sehingga mampu mendongkrak penjualan.

Agar berjalan lancar dan sesuai target, langkah pengembangan usaha ini wajib direncanakan dengan matang, termasuk modal yang dibutuhkan.

4. Utang lama sudah lunas atau tidak memiliki utang lain

Hal sangat harus dihindari adalah gali lubang tutup lubang dalam menyelesaikan masalah keuangan pribadi maupun bisnis. Pastikan tak ada utang sebelum mengajukan pinjaman baru.

Upaya tersebut untuk menghindari masalah keuangan yang lebih rumit. Utang yang menumpuk akan berbahaya dan menyebabkan gagal bayar cicilan setiap bulannya.

Sebaiknya, lunasi cicilan utang yang ada sebelum mengajukan pinjaman modal. Dengan begitu, uang dari hasil usaha hanya fokus untuk membayar cicilan pinjaman modal usaha, bukan angsuran kredit lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com