Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bangkitkan Semangat Pakai Produk Lokal, Ini Cara Pemkab Bogor

Kompas.com - 02/09/2022, 20:15 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Editor

BOGOR, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor, Jawa Barat, membentuk Tim Peningkatan Penggunaan Produk Lokal untuk membangkitkan semangat dalam memakai barang-barang buatan dalam negeri.

"Peningkatan produk dalam negeri selain untuk meningkatkan perekonomian daerah juga dapat mendorong terwujudnya Program Pancakarsa Bela Beli Produk UMKM, IKM Kabupaten Bogor," kata Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bogor, Iwan Setiawan seperti dikutip dari Antara.

Iwan mengatakan, pembentukan Tim Peningkatan Penggunaan Produk Lokal itu didasari dengan Keputusan Bupati Bogor nomor 500/207/Kpts/Per-UU/2022.

Iwan menyebutkan sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) serta Industri Kecil Menengah (IKM) merupakan sektor yang tumbuh berbasis masyarakat.

Dengan begitu, UMKM dan IKM perlu terus didukung dan dijauhkan dari stigma sebagai produk yang tidak berstandar atau tidak berkualitas.

"Sektor ini lahir dari usaha masyarakat untuk menciptakan lapangan kerja wirausaha baru yang mudah tumbuh dan tidak membutuhkan modal besar," ujar Iwan.

Di sisi lain Pemerintah Kabupaten Bogor juga memiliki Gerakan Bela Beli Produk UMKM dengan pemberian fasilitas-fasilitas yang dapat merangsang berkembangnya sektor ini.

"Mulai dari fasilitasi hulu hingga hilir. Dengan dibentuknya Tim Peningkatan Penggunaan Produk Lokal di Lingkup Kabupaten Bogor ini diharapkan dapat mengoptimalkan penggunaan produk dalam negeri," tuturnya.

Adapun tugas dan tanggung jawab tim ini yaitu melakukan koordinasi, pengawasan dan evaluasi pelaksanaan peningkatan penggunaan produk dalam negeri.

Kemudian, memberikan tafsiran final atas permasalahan kebenaran nilai Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) antara produsen barang atau penyedia jasa dengan Tim Pengadaan Barang/Jasa serta melakukan tugas lain terkait dengan peningkatan penggunaan produk dalam negeri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com