Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bener Expo 2022, Perkenalkan Produk-Produk UMKM Kecamatan Bener Purworejo

Kompas.com - 05/09/2022, 07:00 WIB
Bayu Apriliano,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

PURWOREJO, KOMPAS.com - Puluhan kreasi produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kecamatan Bener, Purworejo, Jawa Tengah tampil dalam Bener Expo 2022 di Lapangan Desa Kaliboto pada Minggu (4/9/2022).

Bener Expo 2022 digelar untuk mempromosikan hasil kreasi atau karya UMKM warga di Kecamatan Bener. Gelaran seni budaya juga turut memeriahkan Bener Expo 2020.

Bener Expo 2022 dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan (KUKMP) Kabupaten Purworejo, Gatot Suprapto.

"Kegiatan ini adalah pioner bagi kecamatan dan seluruh UMKM dari 28 desa di Kecamatan Bener, yaitu untuk mempromosikan hasil kreasi warga seluruh desa dalam rangka mendukung ekonomi warga," kata Ketua Panitia Bener Expo 2022 sekaligus Sekretaris Kecamatan Bener, Vivin Suryandari.

Vivin menambahkan, adanya dua proyek strategis nasional yang ada di Kecamatan Bener yaitu Bendungan Bener dan Borobudur Pariwisata Super Prioritas oleh Badan Otorita Borobudur (BOB) Yogyakarta.

Kedua proyek tersebut menjadikan Kecamatan Bener sebagai wilayah dengan potensi ekonomi yang tinggi.

"Kami berusaha mengangkat produk UMKM hasil kreasi warga se-Kecamatan Bener yang disajikan dalam 28 stan. Ditambah stan pameran perkembangan Bendungan Bener dan BBWSO, stand pelayanan perbankan, klinik UMKM serta pameran dari Dekranasda Kabupaten Purworejo," kata Vivin.

Dalam Bener Expo 2022 juga dilaksanakan untuk memperkenalkan kepada masyarakat Bener bahwa di Kecamatan Bener terdapat dua proyek strategis nasional yaitu Borobudur Pariwisata Super Prioritas dan Bendungan Bener.

"Sebaliknya kami juga ingin memperkenalkan kepada BBOB dan BBWSO bahwa Kecamatan Bener dengan 28 desanya memiliki berbagai macam produk-produk kreativitas serta sumber daya manusia yang unggul, dibuktikan dengan berbagai macam penghargaan baik secara nasional bahkan sampai internasional," ujar Vivin.

Bener Expo 2022 diikuti oleh 34 stan yang terdiri dari 28 stan desa se-Kecamatan abener, 1 stan hasil pameran Bendungan Bener oleh BBWSO, 2 stan perbankan, 1 stan dari Dekranasda, 1 stan dari DinKUKMP, 1 stan dari klinik UMKM, dan 20 stan bebas dari masyarakat.

"Expo yang baru pertama digelar ini semoga bisa menjadi agenda rutin tahunan di Kecamatan Bener," harap Vivin.

Sementara itu, Kepala Dinas KUKMP Kabupaten Purworejo, Gatot Suprapto, mengaku senang dan menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan. Kegiatan itu dinilai baik sebagai forum untuk mempromosikan hasil produk UMKM ke khalayak umum.

"Kecamatan Bener itu dekat dengan tempat-tempat strategis nasional, tentunya kita harus bersiap-siap. Kegiatan ini perlu dilaksanakan untuk mengangkat citra UMKM kita supaya lebih maju lagi dan tentu bisa mendapatkan tempat untuk promosi," kata Gatot.

Gatot berharap, Kecamatan Bener dapat menjadi salah satu tempat yang potensial untuk berkontribusi untuk pengembangan UMKM.

"Ke depan diharapkan UMKM bisa bangkit, dapat lebih baik lagi karena yang kemarin terhenti karena Covid, sekarang bisa menjual produk bisa bangkit kembali untuk usahanya. Dan tentu semua mendukung dan mensukseskan program Tresno Purworejo Larisi Purworejo," pungkas Gatot.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com