Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tokopedia dan Unilever Gelar Pelatihan kepada Ratusan Pelaku UMKM Perempuan

Kompas.com - 13/10/2022, 19:02 WIB
Gabriela Angelica,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tokopedia bersama Unilever Indonesia mengadakan Kelas Perempuan Maju Digital (KPMD) di Sekoper Cinta, Bandung, Jawa Barat.

KPMD yang bertajuk “UMKM Perempuan Berdaya dan Maju Digital: Inspirasi Perempuan Berani Membawa Perubahan” ini juga merupakan hasil kerjasama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Acara dihadiri ratusan pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) lokal dari wilayah Jawa Barat dan sekitarnya yang diselenggarakan pada 13-14 Oktober 2022.

KPMD yang digelar kali ini merupakan kelanjutan dari penandatangan kerjasama Tokopedia dan Unilever Indonesia dalam rangkaian program B20 Indonesia Women in Business Action Council untuk memberdayakan pengusaha perempuan.

“Ini merupakan keempat kalinya Tokopedia mengadakan KPMD setelah sukses diselenggarakan di Bali dan Surabaya. Kami berharap, lewat KPMD Tokopedia dapat turut membantu meningkatkan daya saing pelaku UMKM lokal, khususnya UMKM perempuan agar mampu menjadi tuan rumah di negeri sendiri serta semakin menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia.” ujar Kepala Divisi Kebijakan Publik dan Pemerintah Daerah Tokopedia, Emmiryzan ddalam siaran pers, Kamis (13/10/2022).

Program KPMD yang diselenggarakan ini juga menghadirkan inisiatif One Global Women Empowerment (OGWE) platform yang berfokus pada perluasan akses informasi, pendampingan bisnis di era digital, dan pelatihan teknis kewirausahaan sebagai bekal untuk menghadapi tantangan ke depan.

Ketua Umum Sekoper Cinta, Atalia Praratya menyampaikan bahwa kegiatan KPMD tersebut sejalan dengan salah satu program mereka dalam membuka peluang usaha dan pelatihan bagi perempuan.

“Kami menyambut baik kolaborasi Tokopedia dan Unilever Indonesia dalam menghadirkan kegiatan KPMD di wilayah Jawa Barat. Hal ini pun sejalan dengan salah satu program kami di Sekoper Cinta yang memberikan pelatihan dalam membuka peluang usaha sehingga perempuan bisa mandiri dan berkontribusi pada perekonomian keluarga. Kami harap melalui kegiatan ini semakin banyak UMKM dari Jawa Barat yang berkualitas.” ujar Atalia.

Di dalam acara KPMD kali ini, Tokopedia juga menyampaikan bahwa jumlah pelaku usaha perempuan di platform mereka meningkat hingga hampir dua kali lipat selama semester I 2022 dibandingkan pada 2021 selama periode yang sama.

Tokopedia mencatat wilayah Bandung, Jakarta, Surabaya, Medan, dan Semarang sebagai wilayah dengan jumlah penjual dan pelaku UMKM perempuan paling banyak untuk saat ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com