Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dubes Belanda Sebut Kehadiran BNI di Belanda Bantu Pembiayaan dan Modal Pengusaha

Kompas.com - 15/10/2022, 20:23 WIB
Gabriela Angelica,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Negara Indonesia (BNI) disebut membantu para pelaku usaha yang ekspor produk ke Belanda dalam hal pembiayaan.

Duta Besar Indonesia untuk Kerajaan Belanda, Mayerfas menjelaskan BNI sudah hadir sekitar dua atau tiga bulan yang lalu di Amsterdam untuk membantu pembiayaan para diaspora Indonesia yang memiliki usaha.

"BNI hadir loh, kita bisa bantu ini, kita bisa manfaatkan untuk pembiayaan, modal, dan itu sudah dilakukan sekarang. Kita yakin BNI akan berkembang di Belanda," tutur Mayerfas dalam acara Ngobrol Bisnis (Bronis) UMKM yang disiarkan pada media sosial Kompas.com.

Mayerfas berharap BNI juga bisa berperan bagi anak muda untuk mengembangkan bisnisnya di Belanda dan Eropa secara lebih luas. Ia juga optimistis BNI bisa berkembang di Belanda jika sudah beroperasional secara penuh.

Mayerfas juga menyampaikan, adanya Bank BNI bisa meningkatkan kerjasama ekonomi perdagangan dan dapat mempererat hubungan kerjasama Indonesia dan Belanda.

Mayerfas menjelaskan, saat ini BNI sudah banyak membantu pengusaha Indonesia di Belanda untuk penyediaan modal.

"BNI yang saya lihat sekarang ini sudah berusaha menyediakan modal yang dibutuhkan pengusaha Indonesia di sini. BNI juga sudah memfasilitasi berbagai transaksi antara pengusaha di Belanda dan Indonesia," papar Mayerfas.

Salah satu contoh usaha yang sudah dibantu BNI adalah restoran Padang di wilayah Den Haag, Belanda. Restoran yang sejak dulu sudah ramai tersebut semula masih berskala kecil. Kini setelah menerima bantuan pembiayaan dari BNI, restoran Padang tersebut dapat membesarkan skala usahanya.

Mayerfas meyakinkan para pelaku usaha bahwa Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) akan membantu untuk memfasilitasi pertemuan dengan pihak BNI terkait pengajuan bantuan pembiayaan.

"Kita (KBRI) akan adakan diskusi khusus tiga pihak, antara pengusaha, BNI, dan kami. Pengusahanya baik pengusaha di sini atau pengusaha di Indonesia, KBRI akan memfasilitasi bagaimana tiga pihak berkomunikasi satu sama lain," pungkas Mayerfas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com