Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bantu UMKM Cari Importir, Dubes Belanda: Silakan Hubungi Kami

Kompas.com - 16/10/2022, 09:00 WIB
Gabriela Angelica,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kedutaan Besar Republik Indonesia untuk Kerajaan Belanda menegaskan siap membantu para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk mencari importir.

Duta Besar Indonesia untuk Kerajaan Belanda, Mayerfas menyampaikan, para pelaku usaha UMKM bisa secara langsung menghubungi KBRI untuk mencari importir.

"Hubungi kami di KBRI, kita ada e-mailnya. Nanti akan kami carikan langsung importirnya. Itu saja paling gampang dan jangan berpikir barang kami (Anda) belum laku," ujar Mayerfas dalam acara Ngobrol Bisnis (Bronis) UMKM yang ditayangkan di media sosial Kompas.com.

Menurut Mayerfas, prinsip utama untuk ekspor adalah untuk tak takut mencoba dan berkomunikasi dengan pihak KBRI. Tujuannya agar dapat dihubungkan secara langsung dengan pihak importir yang sesuai dan mencari produk.

"Kami akan sampaikan di sini siapa importirnya, kalau mau kenal silahkan bicara langsung dan potensi produk itu di sini, apakah barang itu bisa masuk Eropa saat ini. Jadi, hubungi saja kami di KBRI," tutur Mayerfas.

Mayerfas juga menyampaikan bahwa terkait syarat dokumen, proses ekspor ke Belanda tak memiliki dokumen khusus atau syarat dokumen perusahaan.

"Tidak ada. Tidak ada dokumen, nanti satu produk ada dokumen sendiri. Jadi, yang paling simple itu saja, hubungi kami, kami fasilitasi, kami bidik, kita cari pasarnya sama-sama," jelas Mayerfas.

Terkait program KBRI yang bertujuan membantu promosi produk Indonesia di Belanda, Mayerfas memaparkan beberapa programnya.

"Kami dari waktu ke waktu ada program untuk membantu pengusaha khususnya UMKM karena mereka perlu fasilitas misalnya ada pameran-pameran kecil. Agak besar yang akan kita adakan, nanti di Desember ini," ujar Mayerfas.

Pameran besar tersebut disampaikan akan digelar pada 9-11 Desember berupa festival Indonesia.

Festival Indonesia ini merupakan kegiatan tahunan KBRI di Belanda yang sempat berhenti karena pandemi. Namun, tahun ini akan diadakan kembali.

Acara tersebut akan menghadirkan UMKM Indonesia baik yang ada di Belanda atau pun yang langsung dari Indonesia. Pelaku usaha yang ingin ikut serta dapat menghubungi KBRI.

Mayerfas juga menjelaskan, pada acara tersebut akan ada pertemuan antara pengusaha, penjual dan pembeli. Mereka akan mengadakan klinik usaha.

"Apa masalahnya? Visa? Bisa kita bantu. Masalah transaksi? Kita bantu. Masalah perbankan? Bisa kita bantu. Jadi di klinik itu bisa kita bantu dan transaksi," pungkas Mayerfas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com