Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertamina Boyong 50 UMKM Unggulan ke Trade Expo Indonesia

Kompas.com - 24/10/2022, 07:00 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Editor

 

TANGERANG, KOMPAS.com - Pertamina memboyong 50 pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) mitra binaan ke ajang Pameran dagang skala internasional terbesar di Indonesia, Trade Expo Indonesia 2022 di Indonesia Convention Exhibition Bumi Serpong Damai (ICE BSD), Tangerang, Banten.

Ada beragam pelaku UMKM yang dihadirkan mulai dari kerajinan tangan, kuliner, kesehatan, dan fashion yang didatangkan ke ICE BSD selama 19-23 Oktober 2022.

Vice President Corporate Social Responsibility and Small Medium Entreprise Partnership Program (CSR & SMEPP) PT Pertamina, Fajriyah Usman mengatakan, 50 UMKM tersebut merupakan UMKM unggulan binaan Pertamina. 

Pertamina, lanjut Fajriyah, berkomitmen untuk melakukan pembinaan terhadap UMKM di Indonesia agar bisa lebih berkembang.

"Di ajang Trade Expo Indonesia kami fasilitasi 50 UMKM binaan unggulan yang kami ikutsertakan dan lakukan pembinaan sehingga mereka nantinya bisa siap lakukan transaksi dengan skala besar dan ekspor ke luar negeri," kata Fajriyah kepada Kompas.com di ICE BSD, Minggu (23/10/2022).

Fajriyah menyebutkan, pembinaan dan keikutsertaan 50 pelaku UMKM di Trade Expo Indonesia 2022 merupakan salah satu amanah Pertamina sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang terus dilakukan. Fajriyah menyebutkan, UMKM sebagai salah satu lokomotif pergerakan perekonomian indonesia dan tulang punggung perekonomian nasional.

"UMKM di Indonesia ini sangat banyak sekali dan potensi produknya, kualitasnya sangat baik. Kami berikan banyak sekali kesempatan untuk para UMKM untuk berkembang, memperluas market, kemudian juga bisa go internasional, memperkenalkan produk Indonesia ke luar negeri," kata Fajriyah.

"Kami sangat mendukung kegiatan-kegiatan pemerintah Indonesia dalam rangka memberikan peluang kepada UMKM Indonesia agar bisa berkembang, memperluas market ke internasional. Kami harap semakin banyak ajang-ajang seperti ini (Trade Expo Indonesia) ke depannya. Yang pasti pemerintah Indonesia memfasilitasi dan mendatangkan buyer-buyer potensial dari luar negeri," lanjut Fajriyah.

Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati berbincang dengan pelaku UMKM mitra binaan di acara Trade Expo Indonesia 2022 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang, Banten pada Minggu (23/10/2022).KOMPAS.com/WAHYU ADITYO PRODJO Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati berbincang dengan pelaku UMKM mitra binaan di acara Trade Expo Indonesia 2022 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang, Banten pada Minggu (23/10/2022).

Hery Purnawan, pemilik usaha kerajinan tangan, Fancy Cooper selaku mitra binaan Pertamina mengatakan, dirinya kali pertama diboyong oleh Pertamina ke event Trade Expo Indonesia. Ia menyebutkan, dirinya memanfaatkan Trade Expo Indonesia untuk memperluas jaringan bisnisnya.

"Kemarin beberapa ada transaksi. Kebanyakan kami kemarin di Trade Expo Indonesia mendapatkan beberapa kerjasama bisnis. Semoga ke depan saya bisa berpartisipasi," ujar Hery kepada Kompas.com, Minggu.

Selain itu, pemilik usaha keripik dari CV N&N International, Nurchaeti menyebutkan, bantuan keikutsertaan usahanya di ajang Trade Expo Indonesia 2022 dari Pertamina sangat berdampak pada usahanya. Ia pun mendapatkan beberapa potensial buyer dari negara-negara lain.

"Semua fasilitas dari Pertamina ini sangat membantu kami sebagai UMKM. Karena untuk menyewa booth itu berat. Lebih baik kami gunakan untuk bahan baku, nambah produksi. Dengan adanya fasilitas ini, bisa membantu kami," kata Nurchaeti kepada Kompas.com, Minggu.

Trade Expo Indonesia 2022 digelar mulai 19-23 Oktober 2022 dan menjadi ajang pertemuan bisnis untuk meningkatkan ekspor. Trade Expo Indonesia ke-37 ini bertajuk “Strengthening Global Trade for Stronger Recovery”.

Gelaran Trade Expo Indonesia 2022 merupakan ajang untuk mendorong tujuh sektor utama perdagangan Indonesia untuk ekspor pasca-pandemi Covid-19.

Ketujuh sektor utama perdagangan Indonesia yang hadir dalam Trade Expo Indonesia 2022 adalah manufaktur, fesyen dan aksesori, perawatan kesehatan dan kecantikan, makanan dan minuman, peralatan medis, perabotan dan dekorasi rumah, serta digital dan layanan.

Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan dan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartanto berkeliling acara Trade Expo Indonesia 2022 di ICE BSD, Tangerang, Banten pada Rabu (19/10/2022). Trade Expo Indonesia merupakan ajang untuk mendorong tujuh sektor utama perdagangan Indonesia untuk ekspor pasca-pandemi Covid-19. Event Trade Indonesia ke-37 mengangkat tema Strengthening the Global Trade for Stronger Recovery.
Dok. Trade Expo Indonesia Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan dan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartanto berkeliling acara Trade Expo Indonesia 2022 di ICE BSD, Tangerang, Banten pada Rabu (19/10/2022). Trade Expo Indonesia merupakan ajang untuk mendorong tujuh sektor utama perdagangan Indonesia untuk ekspor pasca-pandemi Covid-19. Event Trade Indonesia ke-37 mengangkat tema Strengthening the Global Trade for Stronger Recovery.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com