Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hadapi Ancaman Resesi, Ridwan Kamil AJak Warga Belanja Produk Lokal

Kompas.com - 13/01/2023, 19:00 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Editor

BANDUNG, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengajak semua warga belanja produk lokal dan selalu optimistis dalam menghadapi beragam tantangan di 2023, termasuk ancaman resesi.

"Yang penting beli barang-barang dalam negeri. Kalau kita tergantung pada impor dinamika di luar kita enggak bisa kontrol, itu yang jadi masalah resesi," kata Ridwan Kamil, di Kota Bandung, Kamis seperti dikutip dari Antara.

Ridwan Kamil meyakini Indonesia khususnya Provinsi Jawa Barat terhindar dari resesi yang diisukan datang tahun ini.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Ridwan Kamil berpesan kepada masyarakat agar belanja produk lokal serta mengunjungi obyek wisata lokal.

Sebab semakin tinggi tingkat belanja masyarakat di pasar lokal, maka roda perekonomian akan bergerak dan menggeliat kembali.

"Jadi jangan menahan belanja. Sok (silakan) belanja seperti biasa supaya bergerak (ekonominya), kateringnya, UMKM-nya toko-tokonya, tapi fokuskan barang dalam negeri," tambah Ridwan Kamil.

Mengenai inflasi di Jawa Barat, menurut Ridwan Kamil masih tumbuh dengan positif, kesenjangan dengan angka inflasi pun tidak terlalu jauh. Artinya kenaikan harga masih terkendali dan terjaga.

"Inflasi masih terjaga, kita kan ada sistem monitoring inflasi khsusnya harga sembako," kata Ridwan Kamil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com