Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebatik, Sepatu Buatan UMKM yang Berhasil Tembus Sarinah

Kompas.com - 16/02/2023, 13:41 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Sarinah kedatangan salah satu produk sepatu berkualitas tinggi produksi UMKM, yang memadukan batik dan bahan-bahan lainnya, Sebatik.

Sebatik merupakan sepatu lokal yang berdiri tahun 2020 oleh figur publik, Deni Cagur. Sepatu ini memadukan konsep sepatu dengan motif dan bahan kain batik asli Indonesia, mulai dari upper, insole, serta outsole, yang dipadukan dengan motif kain batik dari perajin batik tulis.

Manajemen Sarinah dalam keterangan resminya menyebut bahwa perajin yang digandeng berasal dari Pekalongan, Solo, Yogyakarta dan Cirebon.

Baca juga: 4 Cara Membuat Calon Pembeli Tertarik Membeli Jualan Kita

"Saat ini, Sebatik juga mengebangkan produk-produk terbarunya yakni sandal batik, topi batik, kaos kombinasi dengan batik tulis asli. Diharapkan dengan pengembangan produk-produk ini, Sebatik dapat mengharumkan nama baik bangsa serta menunjukkan bahwa batik adalah asli buatan Indonesia dan salah satu peninggalan kebudayaan yang harus tetap lestari," tulis manajemen Sarinah, Senin (13/2/2023).

Hingga saat ini produk-produk sepatu merek Sebatik telah berhasil masuk ke pasar ekspor. Beberapa negara yang menjadi tujuan ekspor sepatu ini di antaranya Malaysia, Hongkong, Taiwan, Jepang, dan Australia.

Ke depan, Sarinah membuka kesempatan bagi UMKM yang memiliki produk berkuliatas tinggi untuk dapat dikurasi oleh Sarinah.

Baca juga: Bagaimana Cara Menentukan Harga Produk? Perhatikan 3 Variabel Ini

 

"Sarinah berkomitmen untuk terus menjadi lokomotif yang membawa UMKM dan jenama lokal ke pasar lokal maupun global," tulis Sarinah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com