Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Cara Membuat Jualan Banjir Order

Kompas.com - 22/02/2023, 08:21 WIB
Bestari Kumala Dewi

Penulis

KOMPAS.com - Semua pelaku usaha pasti menginginkan produknya disukai pasar dan banjir order, yang nantinya tentu akan berdampak pada pendapatan bisnis.

Namun untuk mewujudkan hal itu, Anda tak bisa hanya memasang produk di etalase toko atau sekadar posting foto produk di media sosial.

Apalagi, banyaknya penjual yang menawarkan produk yang sama membuat persaingan menjadi sangat ketat.

Baca juga: UMKM Produsen Tenun Baduy Banjir Order saat KTT G20

Salah satu cara menggaet pembeli yang sering dilakukan adalah dengan perang harga. Padahal, menekan harga menjadi lebih murah dari toko lain tak selalu efektif, justru hal seperti ini berisiko menyebabkan kerugian.

Selama produk yang Anda tawarkan memiliki kualitas baik dan harga sesuai dengan kualitasnya, pelanggan tak akan keberatan.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat produk jualan banjir order, dengan cara yang lebih baik dan kompetitif, agar tidak menurunkan pasar yang lain.

Berikut beberapa cara jualan yang bisa dilakukan oleh pelaku usaha agar banjir order.

1. Ketahui Kebutuhan Pasar

Jangan sembarang menjual “produk apa saja asalkan harganya murah”, dengan harapan orang pasti akan tertarik dan banjir order.

Dalam merintis bisnis atau usaha, penting untuk melakukan survei lebih dulu guna mengenali dan mengetahui kebutuhan calon pembeli.

Harga murah memang bisa menjadi daya tarik, tapi tak jarang calon pembeli juga akan mempertanyakan kualitas produk jika harganya terlalu murah. Bagaimana pun banyak orang meyakini, “ada harga ada rupa”.

Selain kualitas yang baik, lengkapi bisnis Anda dengan pelayanan terbaik, mulai dari jam operasional, karyawan yang ramah dan responsif, pengemasan produk yang rapih, pengiriman produk yang cepat, dan sebagainya.

Jika sebuah bisnis sudah memiliki paket komplit mulai dari harga, kualitas produk hingga pelayanan, maka yakinlah pelanggan akan terus kembali untuk membeli dan bahkan tak segan membantu mempromosikan produk Anda. Ini tentu akan menjadi peluang untuk mendapatkan pelanggan baru dan banjir order.

Baca juga: 4 Cara Membuat Calon Pembeli Tertarik Membeli Jualan Kita

2. Pilih Produk dengan Harga Jual Aman

Ketimbang melakukan perang harga dengan para pesaing, lebih baik memilih produk yang harga jualnya cenderung aman di pasaran.

Terdapat beberapa kriteria jika Anda ingin memiliki produk dengan harga jual aman, yakni:

- Memiliki keunikan dan perbedaan dengan produk lain

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com