Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Festival Semarapura Raup Omzet Mencapai Rp2,1 Miliar

Kompas.com - 03/05/2023, 19:00 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Editor

KLUNGKUNG, KOMPAS.com - Festival Semarapura kelima di Klungkung, Bali berhasil meraup omzet mencapai Rp2,1 miliar. Adapun Festival Semarapura diikuti oleh 102 pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

"Dalam kegiatan ini tidak hanya muncul kebahagiaan dan kegembiraan saja, tetapi ada omzet dan perputaran uang sekitar Rp2,1 miliar yang diraup oleh semua UMKM dan ini masih (hitungan) kotor. Artinya bahwa ada dampak positif untuk UMKM kita," kata Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta dilansir dari Antara. 

Suwirta mengatakan perhelatan Semarapura Festival kelima tahun 2023 dilaksanakan dalam rangka Hari Puputan Klungkung ke-115 dan HUT Kota Semarapura ke-31.

Festival Semarapura yang digelar selama empat hari sejak 28 April sampai 1 Mei 2023  berhasil menyedot sekitar 46.000 pengunjung per hari. Kunjungan tersebut tercatat merata, baik di stan kuliner maupun stan UMKM lainnya.

“Dari data yang saya bawa selama empat hari ini data pengunjung yang hadir setiap hari itu rata-rata 46.000. Artinya, masyarakat kita sangat merindukan kebersamaan kebahagiaan dan semuanya ingin bangkit dari keterpurukan," kata Suwirta.

Baca juga: Gubernur Sulsel Berikan Booth Semi Kontainer untuk Berdayakan UMKM

Suwirta berharap festival tersebut mampu berkontribusi positif terhadap penguatan UMKM dan promosi pariwisata Klungkung.

Karena itu, ia sendiri merekomendasikan Festival Semarapura tetap dilanjutkan pada tahun yang akan datang meskipun Klungkung akan dipimpin oleh bupati yang baru.

Atas kelancaran Festival Semarapura kelima, Suwirta menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan menyukseskan kegiatan tersebut.

Festival Semarapura juga menyajikan beberapa atraksi budaya yang melibatkan sekitar 650 orang seniman dan juga artis.

Acara-acara yang digelar di Festival Semarapura seperti pementasan Solah Barong Sebarung, pementasan gong kebyar anak-anak, dewasa, dan wanita serta hiburan artis Indonesia seperti Budi Doremi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com