Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Coba 4 Ide Peluang Bisnis Ini Buat Anda yang Hobi Makan

Kompas.com - 08/05/2023, 13:14 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

KOMPAS.com - Ada banyak jalan untuk menjadikan hobi sebagai peluang emas yang bisa mengantarkan Anda seseorang pada kesuksesan, contohnya hobi makan.

Makanan memang merupakan kebutuhan primer manusia. Tapi, ada beberapa orang yang memang sangat suka makan dan mencicipi berbagai kuliner yang ada lho.

Nah, untuk Anda yang hobi makan, berikut ini ada beberapa peluang usaha yang bisa dipertimbangkan! Simak ulasan lebih lanjutnya dari Cermati.com berikut ini :

1. Membuka Warung Makan, Kafe, Food Truck, atau Restoran

Jika Anda punya modal yang besar dan ingin membuka bisnis di bidang kuliner, membuka restoran bisa jadi pilihan tepat. Anda bisa memilih restoran dengan tema yang unik dan menarik atau dengan menu yang berbeda dari restoran-restoran lain.

Dalam membuka restoran, pastikan lokasi yang dipilih strategis ya dan punya potensi pasar yang besar. Selain itu, pastikan juga bahan-bahan yang digunakan berkualitas. Untuk harga tiap menunya, bisa disesuaikan dengan target konsumen yang ingin dicapai.

Gaya hidup modern dari masyarakat kebanyakan yang suka hal-hal praktis, termasuk makan di restoran menjadikan peluang usaha ini makin menjanjikan. Untuk membuka restoran tentunya diperlukan karyawan yang banyak dan manajemen pengelolaan yang bagus.

Sebagai alternatif, Anda juga bisa memulai bisnis kafe yang menawarkan berbagai jenis minuman atau makanan ringan yang lezat. Bisnis ini cocok untuk orang yang suka nongkrong di kafe dan menikmati hidangan ringan sambal bersantai.

Baik keduanya, kafe dan restoran tentu butuh modal awal yang besar. Jika modal yang dimiliki masih terbatas, coba deh pilih jenis usaha sejenis yang bisa dimulai dengan budget minim.

Contohnya saja membuka warung makan, food court minimalis, atau bisa juga buka food truck supaya lebih fleksibel. Modal yang dibutuhkan lebih minim dari membuka restoran ataupun kafe. Anda bisa merintisnya dari awal terlebih dahulu, lalu pelan-pelan mengembangkannya jadi bisnis besar.

2. Bisnis Katering Makanan

Rekomendasi peluang usaha kedua bagi orang-orang yang kebetulan suka makan adalah membuka bisnis katering. Hal ini merupakan peluang usaha yang bagus untuk seseorang yang memiliki kemampuan memasak dan memiliki resep-resep yang lezat.

Usaha ini bisa dimulai dengan membuat menu makanan yang akan disediakan, baik untuk acara pribadi atau acara perusahaan. Untuk target konsumennya adalah pihak-pihak yang butuh layanan katering, mulai dari perusahaan untuk makanan karyawannya hingga konsumen individual.

Tawarkan juga layanan tersebut pada beberapa mitra yang kerap butuh jasa katering, contohnya ke Event atau Wedding Organizer. Mereka biasanya butuh mitra untuk menyediakan layanan catering di acara-acara yang digelar.

Belakangan ini bisnis katering sehat juga mulai populer seiring dengan peningkatan kesadaran masyarakat akan pentingnya makanan yang sehat dan bergizi. Anda bisa menjadikannya sebagai peluang bisnis yang menjanjikan.

Baca juga: 7 Trik Membuka Usaha Bakso Bakar yang Menguntungkan

3. Food Blogger atau Food Vlogger

Jika Anda memiliki hobi makan dan suka membagikan pengalaman makan dengan orang lain, coba jadi food blogger atau food vlogger. Mulai buat website atau saluran YouTube untuk membagikan resep dan pengalaman kuliner.

Dalam membuat konten ini, tentunya harus punya kemampuan untuk menghibur yang baik. Selain itu, juga harus lebih cerdas dalam memilih topik-topik yang sedang populer, seperti makanan dan minuman yang sedang hits.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com