Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BNI Hadirkan Produk Unggulan UMKM Binaan di KTT ASEAN Summit 2023

Kompas.com - 12/05/2023, 10:15 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) menghadirkan produk buatan UMKM unggulan binaan perseroan di KTT ASEAN Summit yang diselenggarakan di Labuan Bajo Nusa Tenggara Timur pekan ini.

Produk-produk UMKM unggulan tersebut hadir melalui Side Event Rumah BUMN SMEs HUB Asean Summit 2023. Dalam event ini, hadir 40 UMKM binaan BUMN, termasuk di antaranya adalah UMKM Kopi Wamor dan Homie Kitchen yang merupakan binaan BNI.

Corporate Secretary BNI Okki Rushartomo menjelaskan, Kopi Wamor merupakan kopi unggulan asli Labuan Bajo yang telah masuk menjadi salah satu sajian di beberapa hotel berbintang di Labuan Bajo.

Baca juga: 5 Tips Bisa Raih Sukses sebelum Umur 30 Tahun

"Kopi Wamor merupakan salah satu produk UMKM setempat hasil binaan BNI yang berhasil naik kelas. Melalui KTT ASEAN Summit 2023, BNI berharap Kopi Wamor bisa lebih dikenal tidak hanya di luar Labuan Bajo tapi juga sampai ke mancanegara,” ujar Okki dalam keterangan resminya, Kamis (11/5/2023).

Tak hanya Kopi Wamor, ada juga UMKM kuliner lainnya yaitu Homie Kitchen yang turut unjuk gigi pada gelaran KTT ASEAN ini. Homie Kitchen saat ini bahkan sedang berpartner dengan beberapa BUMN lain untuk menyediakan hidangan bagi delegasi ASEAN Summit.

"Dengan diadakannya event ini, BNI berharap UMKM khususnya Kopi Wamor dan Homie Kitchen dapat merasakan program promosi serta menumbuhkan rasa bangga karena mendapat akses untuk menawarkan produk mereka kepada delegasi Internasional," kata Okki.

Seperti diketahui, Indonesia secara resmi terpilih menjadi ketua sekaligus tuan rumah pelaksanaan KTT ASEAN ke-42 dan ke-43 tahun 2023. Pelaksanaan puncak KTT ASEAN ke-42 akan diselenggarakan pada tanggal 9-11 Mei 2023.

Baca juga: 3 Cara Mencegah Pelanggan Beralih Ke Brand Lain

Pelaksanaan agenda KTT ASEAN ke-42 tahun 2023 ini akan digelar di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), Indonesia. Sementara KTT ASEAN ke-43 akan diselenggarakan pada bulan September 2023 di Jakarta.

Sementara itu, Menteri BUMN Erick Thohir menuturkan bahwa SME's HUB ini merupakan bukti bahwa perusahaan milik pemerintah siap mendorong UMKM Go Global dengan pendampingan, pembiayaan, serta pembinaan dari Rumah BUMN.

"UMKM merupakan ujung tombak dari pondasi Ekonomi Indonesia. Oleh karena itu Kementerian BUMN dan kementerian juga lembaga lainnya bersinergi untuk fokus pada pembinaan, pasar (target market) dan pembiayaan. Sedangkan bank himbara fokus pada pembiayaan," ujar Erick

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com