Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warisan Roemah Indonesia di Beijing, Pusat Promosi Budaya hingga Produk UMKM

Kompas.com - 21/07/2023, 12:44 WIB
Bestari Kumala Dewi

Editor

Sumber Antara

KOMPAS.com - Tiga orang warga negara Indonesia (WNI) yang sudah lama berbisnis di Tiongkok yaitu Vini Liang, Gandhi Priambodo, dan William Yosant menggagas proyek Warisan Roemah Indonesia (WRI).

Warisan Roemah Indonesia yang mulai dibangun di Beijing, China ini, akan menjadi lokasi promosi produk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dan pembelajaran budaya Indonesia, baik bagi masyarakat China maupun tempat berkumpul para WNI.

Mereka berpikir, perlu suatu tempat khusus agar produk-produk Indonesia dapat lebih banyak lagi masuk ke pasar China, sehingga masyarakat China lebih memahami keragaman budaya Indonesia.

Baca juga: KBRI Dirikan Indonesia House of Beans Singapore, Ruang Khusus bagi UMKM Eksportir Kopi

Wakil Duta Besar Indonesia untuk China, Dino R Kusnadi mengatakan, KBRI Beijing sangat mendukung pembangunan Warisan Roemah Indonesia.

Diharapkan melalui WRI, masyarakat Republik Rakyat China (RRC) bisa mendapatkan informasi yang positif mengenai Indonesia, termasuk parwisata dan budaya Indonesia.

“Diharapkan juga semakin meningkatkan people-to-people contact antara RI-RRC," kata Dino seperti dikutip dari Antara, Jumat (21/7/2023).

Warisan Roemah Indonesia tersebut rencananya akan meliputi restoran dan kafe khas Indonesia, yang akan menjadi tempat kuliner berciri Indonesia satu-satunya di Beijing.

Selain itu, WRI juga diharapkan dapat menjadi promotion hub Indonesia di Bejing, sekaligus tempat edukasi budaya Indonesia kepada masyarakat Tiongkok dengan mengadakan kegiatan belajar Bahasa Indonesia dan memainkan alat musik daerah Indonesia.

Terbuka juga peluang investasi hingga perdagangan, dengan menggabungkan lewat workshop dan kegiatan yang melibatkan masyarakat kedua negara di Beijing.

Baca juga: Pemerintah Biak Numfor Yakini Produk UMKM Daerahnya Bisa Tembus Pasar ASEAN

Untuk meresmikan dimulainya pembangunan Warisan Roemah Indonesia, telah dilakukan penanaman pohon dan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) kerja sama dengan Kantor Atase Pendidikan Kebudayaan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Beijing.

Dikatakan Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Beijing Yudil Chatim, kerja sama Warisan Roemah Indonesia dengan kantor Atase pendidikan dan kebudayaan KBRI Beijing ini, dapat membantu pemerintah daerah di Indonesia untuk mempromosikan kekayaan budaya dan pariwisata daerahnya, dengan memberikan alat-alat peraga budaya dari masing-masing daerah ke WRI di Beijing.

Sebagai bentuk dukungan pembangunan Warisan Roemah Indonesia, Kantor Perwakilan Bank Indonesia di Beijing juga memberikan penyediaan televisi ukuran besar, guna menampilkan video-video promosi produk UMKM Bank Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com