Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Prinsip Hidup Orang yang Sukses, Bisa Ditiru!

Kompas.com - 03/08/2023, 20:17 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Editor

KOMPAS.com - Meraih kesuksesan merupakan impian semua orang. Namun, tak semua orang bisa sukses.

Lalu apa saja prinsip hidup orang yang sukses? Apa saja yang membuat mereka berhasil?

Setiap orang sukses punya prinsip-prinsip hidup yang bisa dipelajari. Kamu bisa menerapkan prinsip-prinsip kesuksesan mereka dalam kehidupan sehari-hari.

Jika prinsip hidup itu berhasil untuk mereka, kemungkinan besar akan berdampak baik juga untuk dirimu. Berikut lima prinsip hidup orang sukses yang bisa kamu tiru seperti dirangkum dari Amartha.com.

1. Susun Rencana dan Action!

Kamu perlu memproyeksikan pencapaian kamu dalam waktu 5-10 tahun mendatang. Begitu punya gambarannya, susunlah jalan yang harus dilalui secara bertahap.

Baca juga: 4 Strategi Membangun Bisnis yang Sukses dan Berkembang

Apabila rencana masa depanmu sudah jelas, langkah selanjutnya adalah action! Rencana dan prinsip hidup untuk masa depan yang sudah kamu susun, tidak akan berguna jika tidak diikuti aksi nyata.

 

Lakukan dengan penuh komitmen. Karakter khas orang-orang yang sukses adalah mereka berkomitmen dengan rencana yang mereka buat.

2. Terus Mencoba Tanpa Takut Gagal

Sesuatu yang wajar saat kamu merasa kecewa, tak berdaya, dan terpuruk saat kali pertama mengalami kegagalan. Namun, ada satu prinsip orang sukses yang harus kamu terus punya.

Seseorang lebih baik gagal bahkan hingga berkali-kali, daripada merasa menyesal karena tidak pernah mencoba.

Baca juga: 5 Tips Sukses Membangun Bisnis Es Krim untuk Pemula

Belajar dari kegagalan dan kesalahan adalah cara terbaik untuk bertumbuh. Kamu akan menjadi orang yang lebih kuat, tahan banting, dan benar-benar menghargai kehidupan.

3.Pergunakan Waktu Sebaik Mungkin

Waktu tak akan bisa diputar kembali ke belakang. Pergunakanlah waktu sebaik mungkin.

Jika kamu lewatkan kesempatan menggunakan waktu, maka yang tersisa hanyalah penyesalan. Kamu akan menyadari bahwa ternyata harta berharga yang sering kita hiraukan adalah waktu.

4. Tidak Pernah Berhenti Belajar

Prinsip hidup orang sukses yang bisa diterapkan adalah mereka tidak pernah berhenti belajar. Orang yang sukses selalu haus dengan ilmu-ilmu baru. Mencoba memahami tren dan teknologi terbaru agar dapat mengikuti perkembangan zaman.

Baca juga: 4 Tantangan yang Dihadapi Pebisnis, Salah Satunya Berpikir Sukses itu Instan

Mereka juga tidak pernah ragu untuk keluar dari zona nyaman. Jika hal tersebut diperlukan untuk membuat mereka bertumbuh menjadi orang yang lebih baik lagi.

5. Apresiasi Setiap Pencapaian Kecil

Belajar untuk mengapresiasi setiap pencapaian kecil adalah prinsip hidup sederhana yang seringkali dilupakan banyak orang.

Baca juga: 6 Tips Sukses Menjadi Seorang Sociopreneur

Situasi yang serba cepat dan instan mempengaruhi bagaimana cara pandang orang-orang. Orang ingin memperoleh keberhasilan dalam waktu cepat dan kurang menghargai pencapaian kecil.

Padahal, untuk meraih kesuksesan harus melewati pencapaian-pencapaian kecil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com