Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Sukses Membangun Bisnis Es Krim untuk Pemula

Kompas.com - 18/07/2023, 12:31 WIB
Bestari Kumala Dewi

Editor

KOMPAS.com - Es krim adalah makanan pencuci mulut yang selalu digemari banyak orang. Selain tampilannya yang menarik, rasa manisnya yang dingin dan lumer di mulut membuat siapa saja yang memakannya merasa Bahagia.

Daya tarik es krim membuat kita bisa menjadikan es krim sebagai peluang bisnis yang menguntungkan.

Bukan hanya varian rasa, cara penyajiannya yang beragam saat ini juga bisa jadi pilihan untuk menentukan target pasar.

Menariknya, proses pembuatan es krim juga terbilang mudah dengan bahan dan peralatan yang sederhana, sehingga risiko kegagalan dalam proses produksi bisa diminimalisasi.

Baca juga: Mengintip Cerita di Balik Produk Es Krim Sehat dari Nice Cream

Namun demikian, untuk membangun bisnis es krim tetap dibutuhkan perencanaan yang matang. Mulai dari persiapan, proses produksi dan penjualan hingga bagaimana mengelola keuangan bisnis, agar bisnis bisa berjalan lancar dan memberikan keuntungan.

Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan untuk membangun bisnis es krim, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Pilih jenis es krim

Tentukan lebih dulu jenis es krim seperti apa yang akan dipasarkan. Kamu bisa menawarkan beberapa ide baru, baik dalam pengolahan atau pun penyajian es krim yang berbeda dengan jenis es krim yang sudah ada di pasaran.

Misalnya, kamu tidak menjual es krim dalam cone, tapi pelanggan bisa memilih apakah es krim akan disajikan dengan roti, cake, atau wafel.

Pemilihan rasa juga menjadi poin penting. Kamu bisa membuat es krim dengan rasa yang unik. Untuk memperkecil peluang tak laku, minta orang-orang di sekitar mencobanya lebih dulu, untuk mengetahui apakah rasa es krim unik kreasimu bisa diterima di lidah orang lain.

Selain itu, jangan lupa bahwa akan selalu ada orang-orang yang setia dengan rasa klasik, seperti vanila, cokelat, dan stroberi, sehingga ada baiknya ketiga varian rasa ini tetap disediakan.

2. Susun anggaran dan siapkan modalnya

Keuangan selalu menjadi poin penting yang wajib dicermati dalam bisnis, termasuk saat kamu ingin memulai bisnis es krim.

Susunlah anggaran bisnis yang tepat dan efisien, agar lebih mudah mengelola segala sesuatunya dengan maksimal.

Selain itu, siapkan modal yang memadai dan sesuai dengan kebutuhan bisnis tersebut, sehingga kamu bisa menjalankan bisnis ini dengan lancar dan sesuai dengan rencana awal.

Baca juga: 7 Tips Sukses Menjalankan Bisnis bagi Pengusaha Perempuan

3. Pakai bahan baku yang berkualitas baik

Kualitas bahan baku akan sangat menentukan kualitas produk yang dihasilkan. Hal ini juga akan memengaruhi nilai gizi yang terkandung di dalam produk es krim tersebut.

Hindari menggunakan bahan baku berkualitas rendah, meskipun harganya terbilang jauh lebih murah.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com