Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Manfaat Iklan Audiovisual di Era Digital, Pelaku Usaha Perlu Tahu

Kompas.com - 08/05/2024, 12:05 WIB
Anagatha Kilan Sashikirana,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Zaman sekarang, pemasaran digital salah satu pilihan tepat untuk mengekenalkan produk kepada banyak orang. Sebab, hanya dengan satu tayangan, kamu bisa menyebarluaskannya dengan mudah dan cepat.

Pemasaran digital tidak perlu membuang banyak tenaga dan tentunya hemat biaya. Biasanya, pemasaran digital bisa berupa iklan audiovisual.

Iklan audiovisual adalah iklan yang di dalamnya mengandung unsur gambar dan suara, tujuannya untuk mendukung informasi yang ada di dalam iklan tersebut.

Baca juga: 5 Hal Yang Perlu Dicermati Dalam Membuat Iklan, Pelaku UMKM Wajib Tahu

Dibandingkan iklan teks, iklan audiovisual cenderung lebih komunikatif dan mudah tersampaikan kepada audiens. Karena dapat didengar secara audio sekaligus bisa dilihat secara visual.

Bentuk iklan audiovisual biasanya video, short movie, hingga animasi. Tayangan audiovisual ini bisa menjadi media pemasaran digital untuk bisnis kamu. Ketahui manfaatnya berikut ini, seperti yang dilansir dari Gramedia.com,

1. Membuat Audiens Penasaran

Pada dasarnya, manfaat iklan adalah membuat audiens penasaran dan tertarik untuk membeli produk tersebut. Terlebih lagi, jika iklan dibuat secara audiovisual.

Biasanya iklan audiovisual akan menampilkan visual produk, ekspresi wajah, dan sound pendukung yang membuat produk terlihat lebih menggugah selera.

Perpaduan gambar dan suara bisa membuat pembeli penasaran, apakah produk tersebut memang seperti yang diiklankan. Sehingga lebih besar peluang audiens akan mencobanya sendiri.

2. Interaktif

Iklan audiovisual tentunya dibuat agar audiens bisa melihat tampilan produk secara lebih nyata, meskipun melalui tayangan video. Kata-kata yang diucapkan di iklan tersebut juga membuat iklan audiovisual semakin interaktif.

Itulah yang membuat iklan audiovisual tidak membosankan. Jika berupa teks saja, orang akan mudah bosan membaca. Sementara jika berupa gambar saja, besar kemungkinannya pesan tidak tersampaikan.

Baca juga: 6 Iklan yang Dapat Dicoba untuk Promosi UMKM

Itu sebabnya, iklan audiovisual merupakan paket komplet. Informasi yang disampaikan lebih memungkinkan dilihat sampai akhir oleh audiens.

Selain itu, iklan audiovisual bisa dikemas dengan plot yang menarik dan dikreasikan sedemikian rupa dengan editing. Jadi meskipun mengiklankan suatu produk, audiens tetap bisa terhibur.

3. Komunikatif dan Mudah Dipahami

Dalam pemasaran digital, iklan audiovisual termasuk media yang komunikatif. Informasi yang disampaikan melalui suara akan diperjelas lagi dengan gambar.

Sehingga audiens bisa langsung memahami isi iklan. Sama halnya seperti pemasaran langsung, di mana audiens melihat produk dan mendengar penjelasan dari tim marketing.

Bedanya, pemasaran ini berbentuk digital. Bisa ditampilkan di mana saja dan kapan saja, tapi tetap komunikatif. Jadi, iklan audiovisual pilihan tepat untuk pemasaran produk di era digital seperti saat ini.

Selamat mencoba.

Baca juga: 4 Cara Efisiensi Biaya Iklan Digital ala Digi Herba Nusantara

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com