Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Hal Yang Perlu Dicermati Dalam Membuat Iklan, Pelaku UMKM Wajib Tahu

Kompas.com - 29/09/2023, 16:09 WIB
Nur Wahyu Pratama,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

Kompas.com – Sebagai upaya untuk menjaga produk agar tetap tenar sepanjang waktu, kamu harus rajin melakukan promosi. Hal ini karena, promosi dapat meningkatkan omset dan juga produk semakin dikenal oleh masyarakat.

Kamu bisa memasang iklan diberbagai macam media, seperti media cetak, media elektronik, menyebar brosur, leaflet, dan sebagai sponsor suatu event.

Terlebih lagi, sekarang teknologi juga sudah semakin canggih, kamu bisa memasang iklan di sosial media, seperti Instagram, Whatsapp, Twitter, Facebook, dan sosial media lainnya.

Baca juga: Teten Masduki Sampaikan Dampak Perkembangan E-Commerce Terhadap UMKM

Selain itu, ada cara beriklan yang lebih efektif yaitu dari mulut ke mulut. Penyebaran kepuasan konsumen ini dianggap paling efektif karena pelanggan akan menceritakan pengalamannya kepada teman-temannya.

Untuk itu, sebagai pelaku UMKM, simak hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membuat iklan yang baik.

1. Gunakan Jasa Creative Agency

Sebagai pelaku UMKM yang masih bingung dalam membuat iklan yang baik dan memiliki dana untuk beriklan, kamu bisa memakai jasa creative agency ini.

Baca juga: 6 Tips Sukses Membuka Jasa Pembuatan Website bagi Pelaku Usaha Pemula

Dengan menggunakan jasa ini, kamu tinggal menyerahkan materi yang akan diiklankan dan pihak agency yang akan membuat design, pemilihan warna, layout, dan semua yang terkait dengan iklan yang kamu inginkan.

2. Buatlah Iklan yang Menarik

Salah satu tujuan dari beriklan yaitu menarik konsumen untuk membeli produk kita. Karenanya, kamu perlu membuat iklan yang menarik sehingga pelanggan penasaran dan membaca iklan tersebut.

Untuk itu, kamu harus memperhatikan pemilihan warna, gambar, layout, dan isi iklan yang mewakili produk kita.

Baca juga: Minuman Wine Kopi Asal Cirebon Tembus Pasar Global

3. Membuat Iklan yang Action

Iklan yang menarik saja tidak cukup untuk konsumen membeli produk kita. Kamu harus menyediakan akses bagi konsumen untuk membeli produk tersebut. Contoh, untuk pemesanan, silahkan hubungi di nomor atau pesan sekarang juga di....

Bukan hanya itu, jika kamu menggunakan sosial media, kamu bisa memberikan link online shop untuk memudahkan akses konsumen dalam bertransaksi.

4. Tampilkan Keunggulan Produk

Kamu harus menampilkan manfaat, keunikan, dan keunggulan dari produk atau jasa yang kamu tawarkan. Dengan begitu, kamu memancing hasrat calon konsumen untuk membeli dan memiliki produk tersebut.

Baca juga: Bisa Dari Rumah, Simak Tips Sukses Memulai Usaha Sushi Rumahan

5. Fokus pada Produk

Iklan yang baik adalah iklan yang fokus pada produk sendiri, tidak menjelek-jelekan, mengejek produk atau jasa lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com