Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Iklan yang Dapat Dicoba untuk Promosi UMKM

Kompas.com - 22/02/2024, 21:00 WIB
Ester Claudia Pricilia,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Iklan memainkan peran penting dalam meningkatkan visibilitas dan kesadaran pelanggan terhadap Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). 

Baca juga: 5 Hal Yang Perlu Dicermati Dalam Membuat Iklan, Pelaku UMKM Wajib Tahu

Dengan menggunakan iklan, merek bisnismu akan bisa banyak dikenal. Kamu tentu harus memilih iklan yang cocok untuk melakukan promosi produk serta penargetan audience sesuai tujuan bisnis.

Berikut adalah beberapa macam iklan yang dapat dicoba untuk membantu memperluas jangkauan dan meningkatkan pertumbuhan bisnismu:

1. Iklan Media Sosial

Pada era ini, media sosial sangat berpengaruh bagi suatu bisnis. Kamu dapat memanfaatkan platform seperti Facebook, Instagram, dan Twitter untuk beriklan. 

Saat ini banyak media sosial yang telah mempunyai fitur "promosikan". Jadi ketika memposting sesuatu, kamu dapat mempromosikannya agar postingan tersebut dilihat oleh banyak orang, bahkan yang bukan pengikut. 

Fitur iklan dan promosi seperti ini dapat menciptakan interaksi langsung dengan pelanggan. Dikarenakan fitur tersebut akan menarik pelanggan mendatangi akunmu secara langsung.

Baca juga: Bingung Bikin Iklan Produk dengan Instagram Ads? 8 Tips Ini Wajib Dicoba

2. Iklan Website

Saat membuka suatu website, Kita sering melihat banyaknya iklan yang bertebaran di website tersebut. Hal ini dapat dicoba untuk pelaku UMKM, mempromosikan usahanya.

Pastikan iklan usahamu diletakkan di website yang ramai pengunjungnya, agar peluang usaha terlihat juga semakin besar.

3. Iklan Radio

Iklan suatu usaha lewat radio juga masih terbilang efektif. Dikarenakan saat orang mengendarai mobil, mereka tetap mendengarkan radio.

Baca juga: 4 Cara Efisiensi Biaya Iklan Digital ala Digi Herba Nusantara

Iklan usahamu akan didengarkan oleh audiens. Pastikan kamu memilih layanan radio yang masih ramai pendengarnya.

4. Iklan Email

Seringkali saat membuka email banyak sekali kamu dapatkan promosi suatu bisnis. Iklan ini dapat dicoba juga untuk suatu UMKM.

Baca juga: 5 Hal Yang Perlu Dicermati Dalam Membuat Iklan, Pelaku UMKM Wajib Tahu

Email mempunyai fitur "newslatter" dan "promotion" yang biasanya digunakan untuk beriklan. Jenis iklan ini akan menarik kalangan audiens yang sering memeriksa email untuk urusan pekerjaannya.

5. Iklan Cetak

Di era digital, mungkin iklan fisik sudah terlupakan atau tertinggal. Namun, itu tidaklah sepenuhnya benar.

Iklan cetak seperti brosur dan poster masih efektif. Ketika sedang berjualan offline atau menghadiri pameran langsung, kamu dapat memberikan iklan cetak kepada calon pembeli secara langsung.

Baca juga: Gunakan Media Sosial yang Tren Di Negara Tujuan, Tips Rizal Menembus Pasar Global

Hal ini akan memudahkan kamu untuk mempromosikan usaha dan pula memudahkan mereka untuk mengetahui informasi seputar usahamu.

6. Iklan Google

Dilansir dari Big Evo, iklan ini merupakan iklan yang muncul saat seseorang mencari suatu hal yang berkaitan dengan produk atau layanan di google.

Jika kamu memutuskan memilih jenis iklan ini, pastikan untuk menyertakan informasi yang akurat dan terkini mengenai UMKM. Selain itu, disarankan menggunakan keywords yang terkait dengan lokasi dan jenis bisnis, sehingga memudahkan target audiencemu dalam menemukan informasi yang relevan.

Baca juga: 5 Manfaat Paid Promote Instagram untuk Pemasaran Produk UMKM

Untuk mempromosikan bisnis, kamu perlu untuk melakukannya dengan dua cara yaitu secara online dan tetap juga menggunakan cara offline, agar promosi tetap maksimal.

Setelah membaca tips di atas, Iklan apa yang cocok untuk UMKM Anda?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com