Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Manfaat Paid Promote Instagram untuk Pemasaran Produk UMKM

Kompas.com - 21/02/2024, 10:30 WIB
Anagatha Kilan Sashikirana,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.comPaid promote adalah terobosan digital marketing melalui platform media sosial, dengan cara membayar individu untuk mengunggah iklan konten produk.

Iklan tentu saja menjadi faktor krusial dalam sebuah bisnis. Baik bisnis dengan skala kecil sampai bisnis berskala besar membutuhkan iklan untuk menunjang penjualan produk.

Saat ini, ada banyak cara membuat iklan. Salah satunya dengan Paid Promote di media sosial seperti Instagram.

Baca juga: 5 Hal Yang Perlu Dicermati Dalam Membuat Iklan, Pelaku UMKM Wajib Tahu

Melainsir Revou.co, ada perbedaan antara endorsement dan paid promoteEndorsement berfokus pada pemanfaatan kepercayaan dari influencer untuk menarik pembeli, sementara paid promote berfokus untuk memperluas jangkauan dan jaringan, agar masyarakat luas mengetahui eksistensi produk tersebut.

Untuk Anda pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang sedang merintis usaha, paid promote khususnya di akun Instagram lebih cocok dan menguntungkan untuk pemasaran produk.

Berikut ini lima manfaat paid promote di Instagram, yang bisa membantu mempromosikan produk UMKM, seperti yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

1. Target pasar yang tepat

Saat Anda ingin menggunakan jasa paid promote, Anda dapat menghubungi pihak yang menurut Anda potensial untuk memasarkan produk Anda.

Misalnya yang followers Instagramnya relevan dengan target pasar, sehingga lebih berpeluang untuk mempromosikan produk Anda.

2. Meningkatkan Brand Awareness

Tentu saja paid promote meningkatkan brand awareness, terlebih lagi platform instagram saat ini diakses oleh semua kalangan yang saling berinteraksi.

Konten Anda dapat masuk di eksplorasi semua orang, tidak hanya dilihat oleh followers. Dengan begitu, akan semakin banyak audiens yang melihat produk Anda.

Baca juga: 5 Macam Digital Marketing yang Dapat Meningkatkan Keuntungan Bisnis

3. Biaya promosi dapat menyesuaikan

Dalam paid promote, Anda dapat memasarkan produk dengan menyesuaikan rate card yang lebih murah dibandingkan dengan endorsement influencer papan atas.

Tidak jarang ditemukan kelompok atau campaign yang membuka paid promote dengan harga murah, namun konten Anda dapat dipublikasi oleh beberapa orang dalam sekali pembayaran.

4. Mudah diakses UMKM

Fokus dari paid promote ini adalah memperluas pengenalan produk dengan target audiens yang jelas dan terukur. Hal ini menguntungkan pelaku UMKM yang ingin produknya berkembang luas.

Meskipun dengan biaya yang lebih terjangkau, paid promote tetap memiliki peluang kenaikan penjualan.

5. Fleksibel

Paid promote Instagram bersifat fleksibel, mulai dari kategori konten, durasi, dan penggunaan fitur yang beragam.

Paid promote dapat dilakukan di feeds, reels, bahkan instagram story, sehingga Anda dapat memperkirakan tipe paid promote seperti apa yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

Baca juga: 8 Tips Penting Manfaatkan Instagram untuk Promosi Usaha Kuliner

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com