Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Macam Digital Marketing yang Dapat Meningkatkan Keuntungan Bisnis

Kompas.com - 17/04/2023, 12:07 WIB
Zalafina Safara Nasytha,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.comDigital marketing atau pemasaran digital di zaman yang serba internet dan menggunakan media online ini, menjadi bentuk strategi pemasaran yang banyak diterapkan pelaku bisnis.

Melalui pemasaran digital, kamu dapat menjangkau audiens dalam jumlah yang lebih besar dan dapat meminimalisasi biaya pemasaran.

Berikut ini macam-macam pemasaran digital yang dapat kamu terapkan dalam berbisnis sesegera mungkin.

1. Search Engine Optimization

Dengan menggunakan SEO memungkinkan konten milikmu muncul di peringkat teratas ketika seseorang mencari sesuai melalui mesin pencari dengan menggunakan kata kunci tertentu.

Kamu harus membuat konten yang sesuai dengan bisnis milikmu dan memilih kata kunci tertentu agar dapat memberikan dampak yang efektif bagi pemasaran bisnis.

Sebagai tips, kamu dapat mengikuti kelas online yang sekarang ini banyak tersedia untuk memperlajari lebih dalam materi SEO, sehingga kamu memiliki skill tersendiri dalam memasarkan produk atau jasa.

Baca juga: Jangan Lakukan 4 Kesalahan Digital Marketing Ini!

2. Social Media Marketing

Siapa yang tidak tahu media sosial? Ya, platform yang banyak digunakan sebagai sarana hiburan ini juga dapat dimanfaatkan sebagai salah satu langkah pemasaran yang patut kamu coba dalam berbisnis.

Dengan peluang yang besar, di mana banyak orang mengakses media sosial, kamu dapat menjangkau audiens dalam jumlah yang besar.

Baca juga: Ketahui 5 Strategi Digital Marketing, Efektif untuk Mengembangkan Bisnis

Kamu dapat membuat konten menyesuaikan dengan media sosial mana yang kamu pilih, sebagai contoh jika kamu menggunakan TikTok maka bentuk konten yang dapat kamu unggah berupa video.

Selain melakukan strategi pemasaran terhadap audiens, media sosial juga dapat menjadi media komunikasi di antara kamu dan audiens untuk turut menjaga hubungan baik.

3. Content Marketing

Sekarang ini banyak orang membuat konten bukan hanya sekedar untuk seru-seruan, melainkan untuk kebutuhan lainnya juga, termasuk pemasaran.

Kamu dapat memberikan konten yang sesuai dengan bisnismu dengan tetap memeperhatikan kualitas, sehingga dapat menumbuhkan kepercayaan dari audiens yang berpotensi menjadi calon pelangganmu.

Baca juga: Tips Menarik Minat Konsumen Lewat Konten: Jadikan Produk sebagi Solusi

Di awal, kamu dapat mengunggah konten yang bersifat umum terlebih dahulu baru kemudian lebih mengerucut lagi sehingga menunjukkan produk atau jasa yang kamu tawarkan secara lebih detail kepada audiens.

4. Paid advertising

Tak hanya media konvensional seperti radio atau TV, kamu juga dapat beriklan dengan menggunakan media online seperti Google untuk memasang iklan dari bisnis milikmu.

Model yang banyak digunakan biasanya adalah bayar per klik, di mana kamu akan membayar setiap ada pengguna yang meng-klik iklanmu.

Tak hanya Google, kamu juga dapat memanfaatkan promosi dalam bentuk iklan melalui situs berita online, YouTube, atau pun Instagram.

Baca juga: Tips Sukses Berbisnis Seorang Diri, Siap Terima Resiko dan Selalu Perbaiki Kualitas

5. Affiliate Marketing

Jenis yang satu ini nampaknya juga sudah tidak asing lagi. Melalui affiliate marketing atau pemasaran afiliasi kamu akan bekerja sama dengan pihak lain, kemudian mereka yang akan memasarkan produkmu melalui konten yang mereka buat sendiri.

Kamu dapat menggunakan influencer, vlogger, atau public figure sebagai orang yang akan melakukan pemasaran.

Dengan audiens yang mereka miliki, akan membantu proses pemasaran menjadi lebih luas dan efektif.

Baca juga: 5 Strategi Marketing untuk Naikkan Penjualan di Bulan Ramadhan

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com