Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Langkah Bikin Konten Medsos untuk Pelaku UMKM

Kompas.com - 23/08/2023, 08:46 WIB
Fransisca Mega Rosa Mustika,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Media sosial saat ini banyak menyajikan hal-hal yang secara cepat dapat menimbulkan keinginan. Bukan hanya sekedar keinginan kecil, melainkan rasa ingin yang begitu besar dalam benak seseorang.

Bagi pemilik usaha, tentu kamu mau membuat hal itu terjadi pada audiens yang melihat kontenmu.

Mengelola perencanaan konten untuk bisnis kecil memerlukan pengorganisasian dan strategi yang cermat.

Berikut delapan langkah untuk membantu kamu memulai yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

1. Tentukan sasaran

Penting untuk menentukan apa yang ingin kamu capai melalui konten media sosial. Apakah itu meningkatkan kesadaran merek, mengarahkan pada situs web, atau menghasilkan prospek.

2. Identifikasi audiens target

Pahami siapa audiensmu, kebutuhan mereka, dan preferensi mereka. Ini akan membantu kamu membuat konten yang sesuai dengan karakteristik mereka.

Baca juga: 4 Ide Konten untuk Promosi Produk di Tiktok

3. Lakukan riset kata kunci

Gunakan alat seperti Google Keyword Planner atau SEMrush untuk mengidentifikasi kata kunci relevan yang dicari audiens target. Ini akan membantu kamu mengoptimalkan konten Anda untuk mesin pencari.

4. Buat kalender editorial

Rencanakan kontenmu terlebih dahulu dengan membuat kalender yang menguraikan topik, tanggal publikasi, dan anggota tim yang bertanggung jawab. Ini akan memastikan konsistensi dan keteraturan dalam strategi konten.

5. Diversifikasi konten 

Gabungkan jenis kontenmu untuk memenuhi preferensi yang berbeda. Ini dapat mencakup postingan blog, video, infografis, podcast, maupun postingan media sosial.

6. Kembangkan proses pembuatan konten

Tetapkan penanggung jawab untuk pembuatan, pengeditan, dan penayangan konten. Tetapkan juga pedoman untuk nada, gaya, dan branding untuk menjaga konsistensi.

7. Promosikan konten Anda

Baca juga: Simak 9 Tips Membuat Konten Media Sosial untuk Berbisnis

Kembangkan strategi promosi untuk meningkatkan jangkauan kontenmu. Ini dapat mencakup berbagi di media sosial, iklan email, kolaborasi, dan postingan paid promotion.

8. Analisis dan optimalkan

Tinjau kinerja kontenmu secara berkala menggunakan alat analisis. Identifikasi apa yang berfungsi dengan baik dan apa yang perlu ditingkatkan. Sesuaikan strategi kontenmu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com