Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Kiat Sukses Memulai Bisnis Jasa Kelola Media Sosial

Kompas.com - 03/10/2023, 11:05 WIB
Nur Wahyu Pratama,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Di era digital saat ini, banyak pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang sudah memanfaatkan platform online dalam menawarkan produknya.

Salah satu platform online yang sering dimanfaatkan untuk melakukan promosi, yaitu media sosial.

Namun demikian, banyak pelaku UMKM yang belum memahami bagaimana mengelola, termasuk membuat konten yang menarik untuk mempromosikan produk usahanya.

Baca juga: 5 Ide Konten Media Sosial yang Menarik untuk Bisnis Kuliner

Tentunya, hal ini bisa menjadi peluang usaha yang menjanjikan. Salah satu peluang usaha yang bisa kamu jalankan yaitu memulai bisnis jasa mengelola media sosial.

Bisnis ini sangat mudah untuk dijalankan, apalagi bagi kamu yang mengikuti tren dan punya keterampilan membuat konten yang menarik.

Selain itu, usaha ini juga hanya membutuhkan keterampilan membuat konten dan modal yang sedikit.

Jika kamu berminat membangun usaha jasa kelola media sosial, simak kiat sukses berikut ini, seperti yang telah dirangkum dari beberapa sumber.

1. Buat Business Plan

Sebelum memulai suatu bisnis, kamu harus membuat terlebih dahulu rencana bisnis kamu.

Dengan rencana bisnis atau business plan, kamu bisa menentukan target pasar, biaya yang dibutuhkan, dan strategi pemasaran.

2. Tentukan Jenis Media Sosial yang Digunakan

Ada banyak sekali jenis media sosial yang beredar hingga kini, mulai dari Facebook, Instagram, dan TikTok. Kamu bisa memanfaatkan semua jenis media sosial yang ada sebagai sasaran usahamu.

Meski demikian, pemilihan jenis media sosial biasanya akan ditentukan oleh klien. Oleh karena itu, [astikan kamu bisa menggunakan fitur-fitur di berbagai media sosial.

3. Pahami Tren Promosi Media Sosial

Kamu harus mengikuti perkembangan tren yang ada di media sosial, sebagai bahan pertimbangan dalam membuat konten yang menarik.

Kamu harus membuat konten promosi yang up to date, sehingga sesuai dengan algoritma media sosialtersebut.

Baca juga: 3 Tips Meningkatkan Engagement Media Sosial untuk Bisnis

4. Lakukan Promosi

Kamu bisa memanfaatkan berbagai platform online sebagai media promosi jasamu, berikan beragam penawaran yang menarik, termasuk memberikan harga yang bersaing.

5. Terima Masukan Konsumen

Mendengarkan masukan konsumen menjadi satu hal yang penting dalam suatu bisnis. Umpan balik tersebut, nantinya bisa menjadi bahan evaluasi agar usahamu makin maju dan berkembang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com