Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Ide Usaha di Kala Musim Kemarau yang Berpotensi Cuan

Kompas.com - 02/10/2023, 08:05 WIB
Fransisca Mega Rosa Mustika,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Musim kemarau, yang seringkali ditandai oleh cuaca panas dan kurangnya curah hujan, membawa tantangan tersendiri, tetapi di sisi lain bisa memberikan peluang usaha yang menarik.

Beberapa jenis usaha kecil pada musim kemarau bisa menjadi laris, karena mereka mengakomodasi kebutuhan dan permintaan yang khusus selama periode tersebut.

Berikut beberapa jenis usaha kecil yang umumnya laris di musim kemarau, yang telah disadur dari beberapa sumber.

Baca juga: 5 Ide Usaha Sustainable, Berpeluang Cuan dan Bantu Daur Ulang Sampah

1. Penyediaan Air Minum

Jualan air minum kemasan atau penyediaan layanan pengisian ulang air minum bisa menjadi bisnis yang menguntungkan selama musim kemarau, apalagi ketika pasokan air bersih mulai menjadi langka.

2. Jualan Alat Pendingin

Penjualan kipas angin, AC portable, atau alat pendingin lainnya bisa meningkat selama musim kemarau yang panas.

3. Penyediaan Jasa Perawatan Taman

Orang cenderung ingin menjaga tanaman-tanaman mereka di taman tetap hijau dan segar selama musim kemarau, sehingga jasa perawatan taman seperti penyiraman, pemangkasan, dan pemupukan menjadi sangat dicari.

Baca juga: 7 Tips Memanfaatkan Psikologi Konsumen untuk Tingkatkan Penjualan

4. Usaha Tanaman Toleran Kekeringan

Jika kamu berada di daerah yang sering mengalami musim kemarau, pertanian tanaman yang tahan kekeringan seperti kaktus, sukulen, atau tanaman lain yang minim kebutuhan airnya dan kuat diterpa sinar matahari.

5. Laundry atau Layanan Cuci Mobil

Orang mungkin lebih sering mencuci pakaian mereka dan membersihkan mobil mereka selama musim kemarau. Namun karena keterbatasan air, banyak orang lebih memilih melakukannya menggunakan jasa laundry atau cuci mobil.

6. Jualan Produk Perlindungan Matahari

Penjualan produk seperti tabir surya, topi, pakaian anti-UV, dan payung besar dapat meningkat seiring dengan peningkatan kesadaran akan perlindungan dari sinar matahari.

7. Jual Makanan Ringan dan Minuman Dingin

Terutama jika kamu berada di lokasi wisata, menjual makanan ringan, es krim, minuman dingin, atau es buah dapat menjadi bisnis yang sangat menguntungkan selama musim panas.

Baca juga: Tips Penting Untuk Memulai Bisnis Jastipers

8. Jual Peralatan Outdoor

Penjualan peralatan outdoor seperti tenda, peralatan camping, atau perlengkapan hiking bisa meningkat, karena banyak orang memanfaatkan musim kemarau untuk berlibur di alam terbuka.

Penting untuk menyesuaikan usaha kamu dengan kebutuhan dan kondisi lokal selama musim kemarau.

Pastikan kamu memiliki perizinan yang diperlukan dan memahami pasar, serta pesaing kamu dengan baik sebelum memulai bisnis baru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com