Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peluang dan Ide Bisnis Memanfaatkan Perayaan Halloween, Bisa Cuan Banyak

Kompas.com - 19/10/2023, 08:28 WIB
Nur Wahyu Pratama,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi


Jakarta,KOMPAS.comHalloween akan dirayakan kurang lebih dua minggu lagi, lebih tepatnya 31 Oktober 2023 mendatang. Hal ini bisa menjadi peluang usaha jika dimanfaatkan dengan benar.

Jika dimanfaatkan dengan baik, perayaan halloween bisa memperbesar kesempatan usahamu menembus pasar luar negeri melalui beberapa platform yang mendukung, seperti eBay, Alibaba, Amazon, Shopify, dan Etsy.

Baca juga: Simak Prospek Cerah Jual Bir Pletok di Tempat Wisata

Bagaimana? tertarik dengan peluang bisnis saat moment halloween tiba? Simak 6 ide bisnis yang bisa kamu lakukan untuk perayaan halloween dan bisa ekspor.

1. Membuat dan Menjual Kostum Halloween

Perayaan halloween biasanya diwarnai dengan pesta kostum beraneka rupa, mulai dari figur terkenal, tokoh kartun, dan sesuatu yang menyeramkan.

Kamu bisa memulai untuk membuat desain-desain unik yang diminati oleh orang luar negeri. Kamu bisa bekerja sama dengan beberapa konveksi dalam proses pembuatan kostum tersebut.

Baca juga: Kisah Sukses Irena, Bawa Minuman Cokelat asal Jawa Timur ke Amerika Serikat

2. Membuat Labu Ukir untuk Halloween

Selain kostum yang menyeramkan, perayaan ini juga identik dengan labu sebagai media untuk diukir karena masyarakat Amerika Serikat mengukir wajah menyeramkan Jack O’Lantern menggunakan labu. Bukan hanya itu, labu juga sudah banyak dibudidayakan di Indonesia.

Bagi kamu para pengrajin, coba kamu memulai usaha untuk membuat labu ukir. Tak usah khawatir, labu yang sehat mampu bertahan dalam rentang waktu tiga bulan hingga satu yahun penuh apabila disimpan dengan benar.

3. Menulis dan Menjual Buku Terinspirasi Halloween

Kamu juga bisa menulis dan menjual berbagai buku yang terinspirasi dari perayaan halloween ini. Tentunya buku tersebut harus disesuaikan dengan bahasa negara yang kamu tujukan.

Baca juga: Cerita Wayan Merintis Bisnis Virtual Reality, Ingin Buat Edukasi Sejarah Lebih Menarik

4. Mulai Buka Usaha Permen

Saat perayaan halloween biasanya anak-anak di Amerika senang bermain trick or treats. Dalam bermain trick or treat anak-anak yang berteriak di depan rumah akan diberikan bingkisan yang berisi hadiah atau hanya tipuan.

Sementara itu, bingkisan tersebut pada zaman dulu berisi biskuit, potongan kue, kacang, koin maupun mainan, sekarang bingkisan tersebut berisi permen. Karenanya ini merupakan peluang usaha yang menjanjikan.

5. Desainer Topeng

Kamu juga bisa menjual berbagai macam desain topeng halloween yang menyeramkan. Kamu bisa menjual produk topeng yang menyeramkan atau kamu juga bisa menjual desainnya saja.

Baca juga: 4 Kiat Sukses Membangun Bisnis untuk Anak Muda ala Uci Owner Maja Watch

Kamu bisa memanfaatkan platform Etsy untuk menjual produk digital seperti pattern download dan graphic design.

6. Membuat Seni dan Kerajinan untuk Anak-Anak

Jika melukis labu bukan keahlianmu, ada banyak seni dan kerajinan bertema Halloween lucu lainnya yang dapat dinikmati anak-anak.

Kamu bisa menggunakan bahan-bahan seperti cangkir, kertas berwarna, dan bola kapas (untuk jaring!) untuk media pembuatan kerajinan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com