Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisah Sukses Irena, Bawa Minuman Cokelat asal Jawa Timur ke Amerika Serikat

Kompas.com - 18/10/2023, 19:00 WIB
Fransisca Mega Rosa Mustika,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dalam menjalankan bisnis, tentu kita akan dihadapkan dengan beragam tantangan. Salah satunya adalah hadirnya kompetitor yang memiliki produk serupa.

Namun, hal lain yang akan menghampiri kita sebagai seorang pengusaha adalah peluang-peluang besar untuk memperkenalkan produk kita ke kanca internasional.

Salah satu hal yang menjadi semangat Irena Surosoputra membangun bisnis minuman cokelat bermerek Cokelatin Signature (@cokelat_in) adalah dengan mengikuti kegiatan pameran bisnis.

Baginya, dengan mengikuti pameran bisnis membawa bisnisnya mampu melangkah ke jalan baru yang membuka peluang pasar baru dari berbagai daerah, atau bahkan dari berbagai negara.

Baca juga: Cerita Siswa SMA IAS Al- Jannah Merintis Bisnis Batik Ramah Lingkungan Anagata

Kegiatan pameran yang pernah diikuti oleh Irena untuk memperkenalkan produknya adalah Pameran Specialty Coffee Association Expo 2022 yang digelar di Boston, Amerika Serikat.

Dalam pameran tersebut, Irena mempromosikan dan mengedukasi para pengunjung jika minuman cokelat yang ia buat adalah produk asli Indonesia yang juga menggunakan bahan dasar kakao Criollo dari Jawa Timur.

“Pada saat pameran itu, ada banyak banget pengunjung yang memang asli orang Venezuela, pada saat mereka cobain produknya Cokelatin varian Java Criollo, mereka tuh sampai amazed banget,” ungkap Irena, Senin (16/10/2023).

Irena menjelaskan jika varietas kakao Criollo banyak tumbuh di daerah Amerika Selatan seperti Equador, Venezuela dan Colombia. Karena itulah, awalnya banyak pengunjung yang ingin mengetahui jika produk ini adalah sebuah produk kompetitor atau sebuah inovasi yang berbeda.

“Setelah mereka mencoba Java Criollo, mereka bilang kalau ini produknya itu enak dan sangat unik karena penyajiannya cukup diseduh dengan air panas, ini sangat berbeda dengan produk cokelat yang umumnya ada di Amerika,” sambung Irena.

Baca juga: Bermodal Nol Rupiah, Qudsyi Membangun Bisnis Percetakan Kemasan Risepack

Mendengar komentar dari para pengunjung itu, Irena semakin meyakini slogan kebanggaan Cokelatin, yakni #banggaminumcokelatIndonesia. Ini adalah bentuk upaya Irena untuk mengedukasi dan memperkenalkan Indonesia sebagai negara penghasil kakao terbesar dan mampu mengolahnya pula.

Kehadiran Irena dan produk Cokelatin dalam pameran Specialty Coffee Association Expo 2022 di Boston tidak terlepas dari dukungan lembaga Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif terhadap pertumbuhan pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) di Indonesia untuk eksis di negara maju dan bergengsi layaknya Amerika Serikat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com