Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Jitu Dapatkan Modal Bisnis dari Investor

Kompas.com - 15/10/2023, 14:00 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

KOMPAS.com - Tak sedikit pengusaha yang mengalami kegagalan ketika menjalankan bisnisnya. Ada banyak faktor yang membuat kegagalan tersebut terjadi, mulai dari kurangnya riset bisnis secara menyeluruh hingga minimnya modal usaha.

Setiap pengusaha tentunya paham jika mengumpulkan dana atau modal untuk membangun sebuah usaha bukan hal yang mudah.

Inilah mengapa mencari tahu kondisi pasar dari bisnis yang dibidik secara menyeluruh menjadi sesuatu hal yang sangat penting. Sebab hal ini nantinya bisa sangat membantu dalam menentukan strategi pendanaan bisnis. Misalnya saja ketika ingin mendapatkan pendanaan dari investor.

Mendapatkan modal dari investor memang bukanlah hal yang mudah. Banyak hal yang perlu dilakukan agar para investor yakin dan mau menanamkan modalnya pada bisnis tersebut.

Dilansir dari Cermati.com, berikut ini beberapa tips agar membuat para investor yakin untuk menanamkan modalnya di bisnis Anda:

1. Siapkan Business Plan Secara Detail

Penggambaran sebuah bisnis secara mendetail merupakan dasar penting yang perlu dimiliki setiap business plan yang sukses. Karena dengan rencana bisnis yang dibuat bisa membantu memberi penjelasan dan meyakinkan investor terkait value bisnis tersebut.

Tanpa adanya sebuah business plan yang terencana dan detail, investor bisa saja ragu hingga akhirnya memutuskan untuk tidak jadi berinvestasi. Untuk itu, siapkan rencana bisnis dalam jangka pendek hingga jangka panjang. Serta strategi apa saja yang akan dilakukan untuk membuat bisnis tetap bisa bertahan.

Sebetulnya, memiliki business plan yang terencana dengan baik sangat diperlukan sebuah bisnis. Karena bisa membantu meningkatkan peluang berkembangnya bisnis nantinya.

2. Mintalah Saran dari Orang Berpengalaman

Dalam menjalankan bisnis, jangan pernah mengabaikan saran dan kritik dari siapa saja. Bahkan, jika perlu mintalah saran dari para profesional, rekan-rekan pengusaha hingga investor berpengalaman. Terutama untuk saran-saran terkait dengan masalah keuangan bisnis.

Hal ini karena mereka tentunya lebih berpengalaman dalam mengelola keuangan bisnis dan paham bagaimana mendapatkan dana investasi dari investor. Jangan ragu untuk berdiskusi dan meminta pendapat terbaik dari mereka.

Misalnya saja, ketika Anda berkeinginan untuk mengajukan pinjaman modal. Bukan tidak mungkin, mereka bisa mengarahkan Anda ke lembaga pembiayaan yang tepat dengan tingkat suku bunga pinjaman yang terjangkau.

3. Bangun Networking

Untuk mendapatkan dana dari investor memang bukan hal yang mudah, tapi bukan berarti tidak bisa dilakukan. Nah, salah satu caranya dengan menjalin hubungan atau networking dengan banyak orang.

Namun demikian, pastikan lingkaran pertemanan yang dibangun memang memiliki visi misi yang sama dalam berbisnis.

Dengan begitu, ini akan memungkinkan Anda untuk mengembangkan bisnis yang dijalankan secara signifikan. Networking yang sehat akan memudahkan Anda mendapatkan dana yang diperlukan dalam menjalankan bisnis.

Jika sebelumnya sudah memiliki lingkaran pertemanan atau komunitas yang solid, maka akan jauh lebih bagus. Meskipun demikian, Anda pun juga bisa memanfaatkan jaringan pertemanan online.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com