Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Franchise Laundry The Daily Wash: Modal Rp309 Juta, Peluang Omzet Rp30 Juta per Bulan

Kompas.com - 13/10/2023, 20:17 WIB
Nur Wahyu Pratama,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

Jakarta, Kompas.com – Laundry merupakan salah satu usaha yang menjanjikan di zaman serba praktis seperti saat ini. Hal ini karena masih banyak masyarakat Indonesia yang tak memiliki waktu untuk mencuci dan menjemur pakaiannya.

Ada dua jenis bisnis laundry yang bisa kamu jalankan, yaitu membuka laundry sendiri atau mengambil paket francshise atau waralaba. Seperti salah satu franchise laundry yang ada di Indonesia, yaitu The Daily Wash.

“The Daily Wash merupakan laundry koin pertama yang ada di Indonesia. Laundry ini merupakan pioner laundry koin yang beredar di zaman sekarang,” tutur Manager Operasional The Daily Wash, Lutfi saat ditemui Kompas.com dalam acara Indonesia Licensing Expo 2023 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta pada Jum’at (13/10/2023).

Baca juga: LPBDB KUMKM Optimistis Target Penyaluran Dana Bergulir Tahun 2023 Tercapai

Lebih lanjut, Lutfi menurutkan, The Daily Wash merupakan laundry self service atau lebih dikenal dengan laundry koin yang sudah berdiri sejak tahun 2018 dan sudah mempunyai lisensi franchise dari Kementerian Perdagangan.

Terinspirasi dari Luar Negeri

The Daily Wash terinspirasi dari salah satu laundry yang ada di luar negeri dan diadopsi di Indonesia.

Lutfi menyatakan, awalnya para komisaris dan direksi melihat laundry yang ada di luar negeri dan mereka berpandangan bahwa laundry koin itu bisnis yang bagus untuk dibawa ke Indonesia.

Baca juga: Ballerbro, Berawal dari Kisah Kakak Adik Tak Mampu Beli Sepatu Basket

Tersedia di 16 Provinsi

Kini, franchise laundry The Daily Wash sudah tersedia di 16 provinsi, 34 kota, dan 200 outlet yang tersebar di seluruh Indonesia, antara lain Medan, Deli Serdang, Jambi, Pekan Baru, Palembang, Lampung, DKI Jakarta, Kota Tangerang, Tangerang Selatan, Gorontalo, Manado, Makasar, Denpasar dan beberapa kota lainnya..

“Waralaba The Daily Wash merupakan bisnis yang terpercaya karena cabang kita sudah ada 200, outlet yang ke-200 kita itu mitra yang sama dan mitra kami yang ke-200 itu punya 10 outlet di Bali dengan buka satu per satu,” ungkapnya.

Balik Modal 2-3 Tahun

Kamu hanya cukup merogoh kocek sebesar Rp 309 juta untuk membawa pulang lima pasang mesin washer dan dryer, perlengkapan, kontruksi, dan sistem aplikasinya.

Baca juga: Penjual Pakai Metode Pembayaran COD? Perhatikan Tips Ini agar Transaksi Aman

Lutfi mengatakan, biaya tersebut belum termasuk sewa tempat. Namun jangan khawatir, lokasi usaha bisa dicarikan oleh tim The Daily Wash atau calon mitra juga bisa mengajukan lokasi usahanya sesuai kemauannya sendiri.

Dengan bermodalkan Rp309 juta, kamu berpeluang mendapatkan omzet Rp30 juta setiap bulannya.Jika dikalkulasikan, kamu bisa balik modal hanya dalam waktu sekitar 2-3 tahun tergantung lokasi usahanya.

Dibantu Marketing

Di atas kertas, omzet laundry The Daily Wash jauh dibandingkan dengan laundry kiloan. Meskipun demikian, kadang usaha mengalami penurunan, saat omzet yang dicapai oleh mitra belum memenuhi standar ini menjadi tantangan bagi tim Lutfi.

Baca juga: Adopsi Teknologi, Ini Rahasia iBos Dukung Laju Bisnis PO dan Travel

“Kendalanya biasanya masyarakat sekitar lokasi usaha belum tau keberadaan kita. Karenanya, biasanya kita melakukan penyebaran brosur secara rutin setiap sore hari untuk memasarkan usaha mitra waralaba tersebut,” terang Lutfi..

Tak berdiam diri, pihaknya melakukan beberapa cara untuk memasarkan usaha mitra waralaba tersebut seperti penyebaran brosur secara rutin setiap sore.

Lebih lanjut, Lutfi menuturkan, pihaknya memberikan garansi mesin selama dua tahun dan sudah mempunyai teknisi yang tersebar di seluruh kota di Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com