Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Cara Bangun Kepercayaan Konsumen melalui WhatsApp Business

Kompas.com - 07/11/2023, 11:29 WIB
Fransisca Mega Rosa Mustika,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kepercayaan konsumen adalah salah satu faktor penting yang menentukan keberhasilan suatu usaha. Konsumen yang percaya pada produk dan jasa suatu usaha akan lebih cenderung untuk membeli dan menggunakan produk tersebut.

Cara-cara yang dapat dilakukan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) untuk meningkatkan kepercayaan konsumen salah satunya adalah dengan membuat akun profesional.

Akun profesional ini dimaksudkan untuk memberikan kemudahan dalam pelayanan kepada calon konsumen Anda dan yang Anda perlu lakukan hanyalah dengan membuat akun WhatsApp Business.

Terdapat 4 cara yang dapat Anda manfaatkan dengan membuat akun WhatsApp Business, kira-kira apa saja?

1. Membuat Profil Usaha Dengan Lengkap

Gunakan foto profil yang jelas dan lengkapi identitas usaha dengan memasukkan nama bisnis Anda dengan benar. Ini akan membantu konsumen mengenali bisnis Anda dengan cepat.

Selain itu, isi deskripsi bisnis Anda dengan informasi yang lengkap dan detail. Jelaskan jenis produk atau layanan yang Anda tawarkan, nilai tambahnya dan area layanan Anda.

Baca juga: Ketahui 3 Fitur WhatsApp Business yang Bermanfaat untuk Mengembangkan Usaha

Sertakan jam kerja usaha Anda di profil WhatsApp agar konsumen dapat memperkirakan kapan mereka dapat menghubungi Anda.

2. Membuat Katalog Produk

Anda bisa membuat katalog produk dalam WhatsApp business untuk memperlihatkan produk yang Anda sediakan.

Untuk setiap produk yang ingin Anda tambahkan ke katalog, perhatikan untuk mengisi detail seperti nama produk, deskripsi, harga, dan gambar produk. Unggah gambar produk yang jelas dan memiliki resolusi yang baik.

Anda juga dapat mengelompokkan produk ke dalam kategori tertentu, misalnya menambahkan produk ke dalam daftar diskon atau tawaran khusus jika diperlukan.

3. Menyediakan Jawaban Cepat

Baca juga: WhatsApp Business Hadir Membuka Peluang Komunikasi Bagi Pelaku UMKM

Pastikan Anda selalu merespons pesan konsumen dengan cepat. Konsumen akan merasa dihargai dan percaya pada pelayanan Anda.

Menyediakan jawaban cepat dari pertanyaan yang sering ditanyakan atau frequently asked questions (FAQs) dapat menjadi jalan pintas Anda dalam membalas pesan masuk dari konsumen. Dengan cara ini, konsumen tidak akan kecewa karena harus menunggu lama.

4. Layanan Customer Service Cepat Tanggap

Tanggapi pertanyaan atau permintaan pelanggan secepat mungkin. Pelanggan menghargai layanan yang responsif dan tidak perlu menunggu terlalu lama untuk mendapatkan jawaban.

Manfaatkan teknologi seperti chatbot atau sistem tiket untuk memproses dan merespons pertanyaan pelanggan dengan cepat. Ini dapat membantu mengotomatiskan beberapa aspek layanan customer service.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com