Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketahui 3 Fitur WhatsApp Business yang Bermanfaat untuk Mengembangkan Usaha

Kompas.com - 02/11/2023, 13:30 WIB
Fransisca Mega Rosa Mustika,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Melakukan komunikasi melalui perangkat telepon seluler saat ini adalah hal yang amat biasa, baik untuk panggilan telepon maupun pesan teks.

Salah satu aplikasi percakapan yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia adalah WhatsApp.

Bukan hanya untuk percakapan pribadi, percakapan terkait bisnis, seringkali juga dilakukan melalui aplikasi ini.

Baca juga: WhatsApp Business Hadir Membuka Peluang Komunikasi Bagi Pelaku UMKM

Menariknya, WhatsApp kini memiliki sebuah platform lain yang dirancang khusus untuk para pemilik usaha, dengan beragam fitur yang mendukung.

Jika Anda adalah seorang pemilik usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dan masih menggunakan WhatsApp reguler, Anda perlu segera mengunduh dan membuat akun bisnis dengan menggunakan WhatsApp Business.

Dalam acara WhatsApp Business Summit Indonesia yang digelar di Jakarta (1/11/2023), WhatsApp memperkenalkan beragam fitur yang bertujuan untuk mempercepat interaksi bisnis dengan pelanggan melalui platform ini.

Baca juga: WhatsApp Kenalkan Fitur Baru untuk Dukung UMKM Naik Kelas

Fitur-fitur yang dihadirkan WhatsApp Business dapat diakses dan digunakan oleh Anda yang baru bergabung sekalipun, karena fitur ini tidak memerlukan biaya sama sekali.

Berikut fitur yang dihadirkan WhatsApp Business, untuk membantu pelaku usaha memiliki pengalaman lebih baik dalam berkomunikasi dengan pelanggan.

1. Akses Mudah Ke Katalog

Melansir dari situs resmi whatsapp.com, pengguna aplikasi WhatsApp Business dapat membagikan informasi produk dan layanan kepada pelanggan dengan membuat katalog.

Kegunaan dari katalog adalah menampilkan produk-produk yang dijual beserta dengan detail keterangan masing-masing produk. Anda bisa menambahkan gambar dan informasi lainnya ke dalam katalog.

Jika Anda telah membuat katalog, maka katalog tersebut akan ditampilkan di profil bisnis Anda. Detail ini sangat berfungsi membantu pelanggan mengenali produk di katalog.

Baca juga: Mengenal Fitur dan Tips Sukses Berjualan Online di Whatsapp Business

2. Mengiklan di Platform Lain Tanpa Punya Akun

Mulai saat ini, berbagai bisnis kecil yang menjalankan seluruh operasinya di WhatsApp akan dapat membuat, membeli, dan menayangkan iklan Facebook atau Instagram secara langsung di dalam aplikasi WhatsApp Business.

Anda tidak perlu memiliki akun Facebook, yang dibutuhkan hanyalah alamat email dan bentuk alat pembayaran.

Ketika seseorang mengklik iklan, iklan tersebut akan membuka chat di WhatsApp sehingga mereka dapat mengajukan pertanyaan, menelusuri produk, dan melakukan pembelian. Ini adalah inovasi yang baru diluncurkan WhatsApp Business pada bulan Juni lalu.

Baca juga: WhatsApp Hadirkan Program Pasar WhatsApp untuk UKM Lokal

3. Menjangkau Lebih Banyak Pelanggan dengan Cepat

Fitur baru dalam aplikasi WhatsApp Business memungkinkan pelaku bisnis kecil memiliki opsi untuk mengirim pesan yang dipersonalisasi kepada pelanggan.

Seperti pengingat janji temu, ucapan selamat ulang tahun, hingga informasi tentang diskon musim liburan dengan cara yang lebih cepat dan efisien.

Fitur baru ini akan memberikan kemampuan kepada bisnis untuk mengirimkan pesan pribadi berisi nama pelanggan dan tombol ajakan bertindak,, yang dapat disesuaikan ke daftar pelanggan tertentu seperti mereka yang memiliki label khusus.

Khusus untuk fitur pesan personalisasi ini, akan dikenakan biaya untuk operasional. Biaya yang ditagih dalam fitur ini menyesuaikan dengan kategori percakapan di WhatsApp Business Anda.

“Fitur-fitur baru ini akan memberi mereka akses ke alat yang secara tradisional hanya tersedia untuk bisnis besar dan membantu mereka melakukan hal yang paling penting; terhubung dengan pelanggan dan tumbuh,” kata Pieter Lydian, Country Director Meta Indonesia.

 Baca juga: Simak 8 Tips Pentingnya Bergabung dalam Komunitas Bisnis

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com